Rahasia Kesehatan Mahathir di 93 Tahun: Tak Makan Berlebih, Olahraga, Enam Jam Tidur - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Rahasia Kesehatan Mahathir di 93 Tahun: Tak Makan Berlebih, Olahraga, Enam Jam Tidur

Mahathir Mohamad (kiri) di acara Annual Bloomberg Business Forum di New York, Rabu (27/9/2018).
JAKARTA, JO- Pemimpin tertua di dunia, Mahathir Mohamad dari Malaysia, hadir di Sidang Umum PBB di New York. Usianya yang sudah mencapai 93 tahun namun masih terlihat sehat menjadi perhatian banyak orang termasuk moderator Fareed Zakaria.

Pertanyaan itu disampaikan Fareed Zakaria pada the Second Annual Bloomberg Business Forum di New York, Rabu (26/9/2018 waktu setempat).

"Sejujurnya, gagasan bahwa Mahathir dapat melakukan perjalanan ke New York pada usia 93 tahun itu mengejutkan," kata Zakaria, mengomentari kedatangan perdana perdana menteri ke panel. "Kami akan memberinya sedikit waktu untuk sampai ke aula - saya pikir dia terjebak macet."

“Saya pertama kali mewawancarai perdana menteri Mahathir 20 tahun yang lalu ketika dia adalah seorang lelaki sigap berusia 70 tahun,” lanjut Zakaria, yang merupakan pembawa acara CNN.




Akhirnya, dia bertanya pada Mahathir rahasianya. Mahathir lalu menjawab dirinya tidak tahu rahasianya namun memberikan sejumlah tips.

“Saya benar-benar tidak tahu,” jawab Mahathir. “Saya tetap melakukan diet ketat. Saya tidak makan berlebihan. Saya cukup banyak berolahraga dan saya memiliki enam jam tidur. Saya pikir [jika] Anda menjalani kehidupan yang diatur dengan cukup baik, Anda akan bertahan hidup. Tetapi jika Anda mendapatkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, tidak ada yang dapat Anda lakukan. ”

Mahathir menjabat sebagai pemimpin Malaysia selama 22 tahun mulai tahun 1981. Ia kembali berkuasa tahun ini ketika pihak oposisi Malaysia mencari kandidat konsensus untuk menggulingkan Najib Razak, yang terlibat dalam skandal korupsi. (jo-2)


Diberdayakan oleh Blogger.