Lagi, Kapal di Danau Toba Putus Kemudi, Seluruh Penumpang Selamat - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Lagi, Kapal di Danau Toba Putus Kemudi, Seluruh Penumpang Selamat

KM Roma Parsaulian putus kemudi di pantak Horsik dalam perjalanan dari Nainggolan ke Ajibata.
AJIBATA, JO- Sebuah kapal penumpang di Danau Toba, KM Roma Parsaulian, mengalami putus kemudi dalam perjalanan dari Nainggolan, Samosir ke pelabuhan Ajibata, Toba Samosir, Selasa (10/7/2018). Semua penumpang berjumlah 100 orang selamat dan sudah melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum dari Desa Horsik ke Ajibata.

Informasi yang dihimpun Jakarta Observer di lokasi, KM Roma Parsaulian mengalami putus kemudi di perairan atau pantak Horsik, dalam perjalanan dari Nainggolan, Samosir.

"KM Roma Parsaulian mengalami putus kemudi ketika berada di pantai Horsik. Kapal kemudian berhasil ditarik ke pantai Horsik oleh tim SAR dan kapal dari Desa Horsik. Semua penumpang selamat dan sudah melanjutkan perjalanan ke Ajibata dengan menggunakan mobil angkot," kata Osborn Siallagan, seorang saksi.

Kapal kemudian sudah dibantu tarik kapal PT Aguafarm ke pelabuhan Ajibata.




Menurut Osborn, masalah tali kemudi putus kemungkinan karena tali kemudi terbuat dari bahan plastik. Seharusnya dibuat dari kawat aja / tali baja supaya lebih kuat. Dia pun meminta agar pemilik dan nakhoda kapal tetap melakukan pengecekan, apalagi cuacanya angin kencang dan gelombang ombak yang cukup besar akhir-akhir ini.

Putus kemudi berakibat kapal tidak bisa melaju alias terombang ambing di air danau, dan dengan posisi gelombang tinggi dan angin kencang kapal bisa terbalik seperti yang dialami KM Sinar Bangun pada 18 Juni 2018.

"Mohon diperbaiki dan dicek richek kesiapan kapal kita, sebelum berlayar," sambungnya. (jo-6)


Diberdayakan oleh Blogger.