Kemenkominfo Dorong Pemprov DKI Membuat Kebijakan Percepat Integrated Ducting System - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Kemenkominfo Dorong Pemprov DKI Membuat Kebijakan Percepat Integrated Ducting System

Ilustrasi
JAKARTA, JO- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Pemprov DKI Jakarta akan merealisasikan integrated ducting system untuk menunjang percepatan infrastruktur layanan teknologi dan digital.

Hal itu dilakukan agar Jakarta bisa bersaing di era ekonomi digital, yaitu dengan instalasi fiber optik untuk menunjang akses internet berkecepatan tinggi (high speed internet).

Menurut Menkominko Rudiantara, pihaknya memang mendorong Pemprov DKI untuk membuat kebijakan supaya semua bangunan tinggi di Jakarta harus memberikan akses bagi fiber optik bagi operator selular untuk mempercepat broadband di Indonesia.

"Ducting ini memang sedang dipersiapkan oleh Pak Sandi. Kalau tidak dipercepat kita terlambat terus," katanya di Jakarta, Rabu (25/4/2018).




Sementara itu Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut, layanan di Jakarta ini sudah menjadi keharusan kalau kita ingin berkompetisi di dunia global yang semakin interconnected. Melalui sistem ducting yang terintegrasi gedung-gedung bertingkat di Jakarta dipastikan memiliki jalur dan akses fiber optik yang tertata dan memberikan kemudahan.

Sandi menambahkan, Pemprov DKI mengambil inisiatif berkoordinasi dengan Kemenkominfo untuk merealisasikan integrated ducting system dalam konsep public private partnership.

"Selama ini, masih berulang gali dan tutup lubang untuk kabel-kabel. Kami akan lakukan upaya masif dan komprhensif agar hal itu tidak terjadi lagi dengan adanya ducting bersama," kata Sandi. (jo-3)

Diberdayakan oleh Blogger.