Presiden Jokowi Revitalisasi Kawasan Seribu Rumah Gadang - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Kawasan Seribu Rumah Gadang
JAKARTA, JO- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan revitalisasi total kawasan Seribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan dan sebuah desa yang sangat cantik dan indah, yaitu desa Pariangan, di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat.

“Tadi pagi saya sudah perintah Pak Menteri (PUPR), tolong selesaikan tahun ini,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, di Pantai Cipago, Padang, Sumatera Barat Jumat (9/2/2018) pagi.

Presiden menekankan, revitalisasi kawasan Seribu Rumah Gadang di Solok Selatan itu sekaligus merupakan prototipe untuk rumah gadang yang ada di Sumatera Barat khususnya, juga di seluruh pelosok tanah air.‎

Adapun untuk Desa Pariangan yang secara mendadak dikunjunginya Jumat (9/2/2018) pukul 07.00 WIB, menurut Presiden, meliputi landscape, restorasi rumah-rumah yang ada, ‎sehingga akan menambah cantik rumah adat yang ada di Solok Selatan.

Mengenai sertifikat yang diberikan untuk tanah seluas 2.459 meter persegi, di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, yang merupakan tempat tokoh pers Djamaludin Adinegoro dilahirkan dan dibesarkan, Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah akan mendukung penuh pendirian museum yang direncanakan keluarga Adinegoro.

Baca hotel terbaik di Paris, tulis komentarmu
Bandingkan harga hotel dan reviewnya di New York City
Baca review rental liburan di seluruh dunia
Ada apa di London? Cari hotel termurah dan nyaman disana!

Karena, lanjut Presiden, kelak di museum itu semua dapat mengenal karya-karya dan jejak langkah Adinegoro sebagai wartawan dan sastrawan yang begitu besar perannya dalam memajukan pers Indonesia, pers yang bertanggung jawab, dan pers yang menggalang persatuan bangsa bangsa.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menampilkan foto rombongan anak-anak muda dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, yang sedang dalam perjalanan menuju Gunung Kerinci di Sumatra Barat. Dari Padang, mereka kemudian naik ke Solok, Solok Selatan, Sungai Penuh, kemudian menuju ke Gunung Kerinci melalui Solok Selatan.

“Saat itu, anak muda ini kagum akan rumah gadang yang ada di Solok Selatan, dan saat itu anak muda tersebut yang ada di depan Bapak/Ibu semuanya,” kata Presiden Jokowi seraya menambahkan, dirinya ingat betul waktu naik Kerinci, lewat Solok Selatan, kekaguman akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah sekali.

Untuk itulah, sebagai bagian dari perawatan kekaguman tersebut, Presiden Jokowi mencanangkan revitalisasi total kawasan 1.000 rumah gadang di kabupaten Solok Selatan di Provinsi Sumatra Barat. (jo-2)




Diberdayakan oleh Blogger.