TB Hasanuddin dan Anton Charliyan
JAKARTA, JO- Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Minggu (7/1/2017) mengumumkan satu-persatu pasangan calon yang diusung partainya dalam pilkada gubernur-wakil gubernur tahun 2018 ini.

Pengumuman yang dilangsungkan di DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, itu dihadiri seluruh pasangan calon, termasuk pasangan yang dijagokan untuk maju di Pilgub Jawa Barat yakni TB Hasanuddin dan Anton Charliyan.

TB Hasanuddin adalah politisi PDI Perjuangan berlatar belakang TNI dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal (Mayjen), pernah menjadi Sekretaris Militer (Sekmil), sedangkan Anton Charliyan berpangkat Irjen Pol dengan jabatan yang pernah diembannya antara lain Kapolda Jawa Barat.

Saat diumumkan oleh Megawati, keduanya pun terlihat maju ke muka panggung untuk memperkenalkan diri.

"TNI-Polri kompak," teriak TB Hasanuddin sambil mengangkat tangan kanannya.

Baca hotel terbaik di Paris, tulis komentarmu
Bandingkan harga hotel dan reviewnya di New York City
Baca review rental liburan di seluruh dunia
Ada apa di London? Cari hotel termurah dan nyaman disana!

Menurut Megawati,banyak isu yang berkembang mengenai tidak dekatnya PDIP dengan TNI. Namun, dia menepis hal tersebut dengan menyampaikan bahwa banyak purnawirawan TNI yang dijagokan oleh PDIP, seperti eks Gubernur DKI Mayjen (Purn) Sutiyoso, eks Gubernur Jateng Mayjen (Purn) Mardiyanto, eks Gubernur Jatim Mayjen (Purn) Imam Utomo, dan gubernur Maluku Brigjen (Purn) Karel Albert Ralahalu.

"Ibu Mega ini nggak dekat dengan TNI. Loh kok bisa ya ngomong begitu. Lihat track recordnya loh, berapa gubernur (background TNI) itu ada yang saya jadikan. Paling dekat itu saya bilang Sutiyoso, Jateng Mardiyanto, Lalu Sigit, Utomo, Karel," kata Mega.

Untuk menepis kedua isu tersebut, akhirnya PDIP memutuskan mengusung calon kepala daerah Jawa Barat dari unsur TNI dan Polri. TNI diwakili oleh TB Hasanuddin yang sempat menjabat sebagai Sekretaris Militer (Sekmil). Sementara untuk Polri, dilimpahkan kepada Anton Charliyan yang sempat sebagai Kapolda Jawa Barat.

"Saya jadiin wakilnya (TB Hasanuddin) polisi, namanya Irjen Pol Anton Charliyan. Dia dulunya Kapolda Jawa Barat. Nggak tahunya Pak Anton angkatan 84, katanya (kata TB Hasanuddin-Red) cocok Bu. Ya kalau cocok sana deh. Fight buat Jawa Barat," kata Megawati.

Sontak setelah itu TB Hasanudin mengecup kening kanan Anton Charliyan. Seluruh hadirin yang hadir pun tertawa sambil tepuk tangan. (jo-2)



Diberdayakan oleh Blogger.