Ads Top

Dihadiri Wali Kota, Pelantikan Mitra Pers Depok Diwarnai Aksi Penghijauan

Deklarasi dan pelantikan Mitra Pers Depok(MPD) dihadiri Wali Kota Depok Mohammad Idris dan wakil ketua DPRD Depok, Rabu (20/12/2017).
DEPOK, JO - Wali Kota Depok Mohammad Idris didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono menghadiri acara Deklarasi dan Pelantikan Pengurus Mitra Pers Depok (MPD) Periode Tahun 2018-2020 di Jembatan Ciliwung GDC, Depok, Rabu (20/12/2017) pagi.

Hadir juga Wakil Ketua DPRD Kota Depok Suparyono, Hasbullah, Danramil dan Waka Binmas Polres Depok. Acara yang berlangsung di bantaran Sungai Ciliwung di kawasan GDC, Kampung Parung Serab, Kelurahan Tirta-jaya, Kecamatan Sukmajaya, itu juga dilakukan aksi penghijauan lingkungan dengan penanaman pohon pelindung, peneduh, dan produktif.

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyambut baik kehadiran dan kegiatan MPD sebagai mitra pemerintah Kota Depok. Dia berharap ada sinergi positif antara Pemerintah Kota Depok dan MPD dalam membangun kota berpenduduk 2,5 juta jiwa itu.

Menurutnya, peran media massa bisa sampai mengubah budaya. Bagaimana gencarnya informasi dari media massa saat ini mutlak dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat.

“Ini kegiatan yang positif. Saya berharap masyarakat juga peduli terhadap lingkungan dan melestarikan budaya. Dengan menggelar aksi penanaman pohon di bantaran sungai Ciliwung berarti MPD telah memberikan contoh kepada masyarakat untuk peka terhadap lingkungan,” kata Mohamad Idris.

Dengan kegiatan ini Idris berharap DAS Sungai Ciliwung tetap lestari dan bisa menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi
saat ini sudah berdiri Komunitas Ciliwung yang senantiasa menjaga keberadaan sungai tersebut.

Ketua MPD Joko Warihnyo menyebut,
aksi ini merupakan bentuk kepedulian para wartawan Kota Depok yang tergabung dalam MPD.

"Tema ini kami ambil mengingat musim hujan telah tiba dan beberapa titik di Depok masih rawan banjir. Kami MPD juga siap bahu membahu dengan masyarakat untuk menanggulangi musibah banjir yang kerap datang di musim penghujan,” kata Joko Warihnyo.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kota Depok Suparyono mengatakan dengan pertumbuhan penduduk yang cepat, tapi tanpa memperhatikan lingkungan, ini akan bisa berdampak buruk.

“Hak anak-anak kita telah hilang dengan minimnya ruang hijau. Ini harus diantisapi bersama komunitas kota. Hari ini teman-teman pers dari MPD membuka mata untuk peduli lingkungan. Ini sejalan dengan yang kami bahas tentang Perda Depok Kota Hijau sehingga menjadi payung hukum. Bukan mustahil harapan itu dapat tewujudkan,” ujar Suparyono.
Kegiatan penghijauan disela-sela deklarasi dan pelantikan MPD.

Ketua Forum Komunitas Hijau Herri Blangkon menyebut kegiatan ini patut diapresiasi karena lingkungan itu harus dijaga kelestariannya oleh setiap manusia. “Media memang harus berperan aktif untuk melakukan sesuatu yang positif untuk masyarakat dan lingkungannya. Bukan melulu membuat berita soal kepemerintahan saja yang menurut saya monoton,” tutur Herri.

MPD merupakan komunitas wartawan Kota Depok dari berbagai media lokal maupun nasional. Dalam grup komunitas ini berisi 75 media dengan 98 wartawan, ASN Kota Depok, anggota dewan, serta pemangku jabatan lainnya di Kota Depok. (gayuh)

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang
Diberdayakan oleh Blogger.