Ke Samosir? Mampir ke Objek Wisata Kuburan Tua di Atas Kayu Lumban Sijabat Tomok

Dua tour guide siap mengantar wisatawan ke lokasi objek wisata sejarah kuburan tua di Lumban Sijabat, Tomok.
TOMOK, JO- Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Danau Toba jangan lupa untuk berkunjung ke objek wisata sejarah ini. Perkampungan Lumban Sijabat, Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) merupakan salah satu tujuan objek wisata dengan peninggalan sejarah kuburan tua di atas kayu yang sudah berusia 250 tahun.

Objek wisata ini sebelumnya sudah masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang dicanangkan Kementerian Pariwisata dan disana juga terdapat Mual Hombang atau sumur tua peninggalan Oppu Raja Homban Sijabat.

Luhut Sijabat salah satu keturunan Oppu Jadatu Sijabat kepada Jakarta Observer, Rabu (22/11/2017) mengatakan kuburan tua Siabat sebagai objek wisata sudah lama dipugar, dan saat ini dalam pembenahan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir dan Dinas Tarukim dan berharap dapat dibenahi melalui APBD TA 2018.

Sumur tua peninggalan Oppu Raja Homban Sijabat.
Menurut sejarahnya, kuburan tua salah keturunan Ompung Raja Homban Sijabat yang terkena peluru (peluru simadang madang) akibat berbuat salah tidak menuruti nasehat orang tuanya. Jenazahnya dikubur dalam peti yang terbuat dari batu. Peti batu itu kemudian diletakkan di atas pohon Hariara yang sudah berusia ratusan tahun.

Oppu Rotua Sijabat,86, salah satu keturunan Oppu Salngam pemilik Huta Lumban Sijabat atau yang disebut juga Tungga Nihuta mengisahkan bahwa Oppu Jadatu Sijabat adalah panglima perang di Kenegerian Tomok. Dia menerapkan peraturan yang dibuat oleh raja bius Kenegerian Tomok dan dijalankan Oppu Jadatu.

"Peluru nyasar mengenai korban Oppu Gasal Sijabat akibat kesalahannya," kata Oppu Rotua. (fsrt)

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang
Diberdayakan oleh Blogger.