Pesawat N219
JAKARTA, JO- Bersamaan dengan peringatan HUT RI ke-72, pesawat N219 yang merupakan karya anak bangsa, melakukan terbang perdana pada Rabu (16/8/2017). Diterbangkan Captain Esther Gayatri Saleh, pesawat ini sukses mendarat seusai melakukan Uji Terbang Perdana di Landasan Pacu Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/8/2017).

Penerbangan perdana pesawat hasil kerja sama LAPAN dan PTDI dengan nomor registrasi PK-XDT terbang dengan mulus, dan sukses melakukan serangkaian uji coba terbang, seperti kontrol kemudi dan navigasi.

Kapten penerbang Captain Esther Gayatri Saleh menjadi pilot utama dalam uji terbang tersebut didampingi kopilot Kapten penerbang Adi Budi Atmoko.

Dalam uji terbang tersebut, pesawat melintas dan berputar-putar di sekitar kawasan Batujajar dan Cililin. Empat kamera pada bagian ekor, sayap, dan perut pesawat ikut mengawasi terbang perdana yang terhubung langsung ke ruang kontrol di PT DI.

Terbang perdana dilakukan setelah mendapatkan Certificate of Airworthiness dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kementerian Perhubungan.




N219 merupakan pesawat penumpang kapasitas 19 penumpang, berteknologi Avionik, untuk dioperasikan memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah terpencil.

Keberhasilan terbang perdana N219 sangat penting artinya bagi PTDI dan bagi Industri Dirgantara Indonesia. Karena merupakan pembuktian bahwa bangsa Indonesia mampu melakukan rancang bangun pesawat yang murni 100 persen hasil rekayasa anak bangsa.

Setelah terbang perdana, kedua prototype yang dibuat harus melakukan 300 jam terbang Flight Test yang diperlukan agar memberikan bukti akan keselamatan penumpang sesuai yang disyaratkan dalam regulasi CASR 23.

Pesawat N219 adalah pesawat yang benar-benar baru yang sebelumnya hanya berbentuk dokumen rancangan diatas kertas. Pembangunan prototype adalah bagian terpenting dari pengembangan pesawat terbang, dimana seluruh pemikiran dan persepsi rancangan diimplementasikan menjadi sebuah pesawat yang secara fisik berfungsi. (jo-2)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.