Kapolda Metro Jaya Pantau Persiapan Pos Pelayanan dan Pengamanan Mudik

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan saat memantau pos pelayanan dan pengamanan mudik di Bekasi.
JAKARTA, JO - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan bersama sejumlah pejabat Polda Metro Jaya memantau persiapan pos pelayanan dan pengamanan kepolisian di sepanjang jalur mudik Pantura, di daerah Bekasi.

"Saya mengecek persiapannya. Pertama mereka (pemudik) akan berangkat biasanya melalui jalur Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) atau di balik Kayucabe (Kampung Melayu-Cawang-Bekasi)," ujar Iriawan di Bekasi, Selasa (6/6).

Dikatakannya, para pemudik khususnya pengendara sepeda motor akan diperiksa jumlah penumpang dan barang bawaannya, di pos check point.

"Kami akan melihat pertama adalah kesiapan mereka mudik. Kadang-kadang saudara kita mudik dengan membawa barang yang cukup banyak, dan di belakangnya ada kayu, ada koper dan juga penumpang yang melebihi kapasitas. Kami akan lakukan penertiban untuk tidak melebihi kapasitas yang ada, jadi nanti diturunkan dan disiapkan bus. Ini untuk keselamatan," ungkapnya.

Ia menambahkan, petugas juga akan mengecek kondisi kendaraan yang digunakan pemudik.

"Kami akan mengecek untuk kesiapan kendaraannya, apakah laik jalan atau tidak. Kami akan siapkan bengkel di sini, dokter juga untuk cek kesehatannya, dan juga bagi yang tidak puasa diberikan makanan dan minuman ala kadarnya," katanya.

Ia berharap, dengan dilakukannya pemeriksaan para pemudik siap menempuh jalan yang cukup jauh.

"Dengan harapan mereka siap menempuh jalan yang cukup jauh, biasanya ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan bahkan ke Jawa Timur. Sebab itu di sini kita melakukan hal tersebut," jelasnya.

Ia menuturkan, ada tiga pos check point di wilayah Bekasi Kota dan Bekasi Kabupaten. Seperti di Lagoon Apartemen, Tambun Business Park dan Kedung Waringin.

"Jadi hari ini saya dengan Kapolres terkait mengecek jalur reguler pantura yang biasa dipakai sepeda motor. Besok Kamis (8/6), saya akan mengecek jalur tol untuk kendaraan roda empat. Di sana juga ada tiga pos untuk melakukan pengamanan, terutama istirahat, cek kendaraan dan isi BBM," terangnya.

Menurutnya, para pemudik diperkirakan sudah mulai pulang kampung pada H-5, karena libur cukup panjang.

"Kami harapkan kami fokus pada 22, 23, 24 Juni, sehingga akan ada pengecekan jalur dan pengamanan. Sepanjang jalur ini nanti ada 102 titik anggota yang berjaga. Setiap titik ada dua anggota yang berjaga, selain patroli kendaraan roda dua dan roda empat yang kita siapkan. Prediksi puncak arus mudik tanggal 22-23 Juni," tuturnya. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.