Bakamla dalam kunjungan fasilitasi kerjasama ke ITS, Surabaya.
JAKARTA, JO- Dalam rangka menjalin kerjasama antara Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Direktur Kerjasama Bakamla RI Sandi, SH, MH melaksanakan kunjungan fasilitasi kerjasama ke kampus perguruan tinggi tersebut, di Keputih, Sukolilo, Surabaya, Rabu (9/11).

Dalam kunjungannya Direktur Kerjasama Bakamla RI di damping oleh Kasubdit Kerjasama Penelitian dan Pengembangan Bakamla RI Eli Susiyanti, SH, MH, MM, Kasubdit Distribusi Biro Sarana Prasarana dan Pemeliharaan Bakamla RI Tugas Eko Santoso, dan Kasie Kerjasama Lembaga Pemerintah Bakamla Akhmad Firdaus, SIP, MSi.

Sesampainya di kampus ITS, rombongan Bakamla RI diterima Wakil Rektor ITS Prof. Dr. Ketut Budi Artana didampingi Direktur Pusat Desain Rekayasa Kapal Nasional/National Ship Design & Engineering Center (NASDEC) Dr. Masrori dan Direktur Kerjasama ITS Dr. Priyo Sambodo di ruang rapat Wakil Rektor ITS Surabaya.

Pertemuan yang berlangsung selama tiga jam tersebut menghasilkan kesepakatan untuk melakukan kerjasama diberbagai bidang, antara lain aspek Kewilayahan dan Keamanan-Keselamatan Maritim, Desain Kapal, Teknologi Informasi, Pengembangan Sekolah Teknik Perkapalan (STP) Maritim, dan konsultansi.

Dalam bidang aspek Kewilayahan dan Keamanan-Keselamatan Maritime, potensi dukungan yang dapat dikerjasamakan antara lain hasil kajian pembagian wilayah pengamanan laut, master plan kebutuhan kapal patroli untuk pengamanan wilayah laut Indonesia, Sistem Peringatan Dini Keselamatan Instalasi Laut, Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Wilayah Dan Sumber Daya Alam, Sistem Pemantauan Kapal berbasis AIS.




Dalam bidang Desain Kapal, ITS menawarkan dukungan kerjasama terkait desain kapal patroli dan kapal lainnya yang dibutuhkan Bakamla RI serta Maritime Intelegent Transportation System (MITS).

Terkait Teknologi Informasi, potensi dukungan antara lain data center, Sistem Informasi Manajemen, dan dashboard system untuk membantu pengambilan keputusan.

Dalam bidang Pengembangan STP Maritim, ITS berharap dapat mentransformasi NASDEC menjadi STP Maritim ITS melalui kerjasama dengan Bakamla, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan Laboratorium Hidrodinamika Indonesia- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (LHI-BPPT).

Sedangkan pada aspek konsultansi, ITS menawarkan system ‘on call’ atau blanket, yang memungkinkan tenaga ahli ITS dapat mendukung program Bakamla RI dengan system on call by request. (jo-17)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.