Propam Polda Metro Jaya Tangkap Tiga Polisi Pelaku Pungli SIM Keliling - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Propam Polda Metro Jaya Tangkap Tiga Polisi Pelaku Pungli SIM Keliling

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi
Setiyono memberikan penjelasan soal penangkapan tiga
polisi pelaku pungli SIM keliling.
JAKARTA, JO - Propam Polda Metro Jaya menangkap tiga polisi yang melakukan pungutan liar (Pungli) pada mobil keliling pelayanan perpanjangan SIM A dan SIM C. Dua Bintara dan satu Aiptu yang bertugas di pelayanan SIM itu diamankan saat Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono mengatakan ketiga oknum tersebut ditangkap di tiga lokasi yang berbeda, pada Rabu 12 Oktober 2016.

"Brigadir TM diamankan pada mobil SIM keliling di LTC Glodok, Jakarta Barat, Aiptu Y diamankan di mobil SIM keliling di showroom Honda, Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur. Dan Bripda RS diamankan di gerai SIM Mal Taman Palem, Jakarta Barat," kata Awi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (13/10).




Dalam operasi tangkap tangan tersebut, polisi menyita uang Rp12.153.000. Uang tersebut merupakan akumulasi dari pungutan liar pelanggaran prosedur standar operasi (SOP) penerbitan dan pemeriksaan kesehatan pemohon SIM. Petugas memintai uang untuk tes kesehatan, blangko cek kesehatan tidak di isi oleh petugas kesehatan (hanya acc).

"Modusnya, petugas SIM keliling tidak memberlakukan SOP tentang pemeriksaan kesehatan bagi pemohon perpanjangan SIM, tidak dilakukan pemeriksaan kesehatan atau tidak diterbitkan surat keterangan kesehatan," ujar Awi.

Awi menyampaikan ketiganya akan diproses secara internal dan melalui sidang kode etik. Karena ini pelanggaran disiplin, nanti dikembalikan ke atasan yang akan menghukum. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.