Kapolri: Sultan Aziansyah Jaringan Lama Rekrutmen Baru - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Kapolri: Sultan Aziansyah Jaringan Lama Rekrutmen Baru

KTP pelaku.
JAKARTA, JO- Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyebut Sultan Aziansyah,22, penyerang polisi di Pos Polisi Jalan Perintis Kemerdekaan, kawasan pendidikan Yupentek, Cikokol, Tangerang Kota, Banten, adalah jaringan lama. Sultan diketahui anggota Jamaah Ansar Daulah yang ajarannya berpusat di Ciamis, Jawa Barat.

"Dari pendalaman kita, Sultan itu Jamaah Ansar Daulah, murid dari Fauzan Ansori. Tersangka ini jaringan lama tapi rekrutmen baru," kata Tito, di kantor Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (20/10).

Tito menyebut, teror di Indonesia cuma tumpahan dari kondisi internasional, terutama negara-negara Islam yang tidak stabil. Sementara, suporter utama terorisme di Indonesia berasal dari Jamaah Islamiah yang terus berkembang pasca-bom Bali.

"Khusus untuk ISIS, suporter utamanya Jamaah Daulah, di sini operatornya Jamaah Ansar Daulah," jelas Tito.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebutkan, Presiden Joko Widodo sudah menerima laporan penyerangan kepada polisi oleh seseorang yang diduga mempunyai keterkaitan dengan kelompok radikal, di Kabupaten Tangerang, Banten.

"Tadi Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian, melaporkan bahwa memang ada seseorang yang diduga mempunyai keterkaitan dengan kelompok radikal," kata Anung, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Ia menyebutkan, pihak polisi saat ini sedang mendalami kasus itu termasuk kemungkinan keterkaitan penyerang itu dengan kelompok radikal.

"Yang bersangkutan melakukan penyerangan kepada polisi tapi akhirnya tertembak, sedang didalami apakah yang bersangkutan kelompok atau individu atau simpatisan perorangan, nanti Kapolri yang akan menyampaikan," kata Anung.

Sebelumnya terdapat tiga polisi menjadi korban penusukan oleh Sultan Aziansyah adalah Kepala Polsek Tangerang Kota, Komisaris Polisi Efendi, yang luka tusuk di jantung dan dirujuk ke RS Siloam.

Kepala Unit Pengendalian Massa Polres Metro Tangerang Kota Inspektur Satu Polisi Bambang Haryadi, dengan luka di bagian dada sebelah kiri dan punggung kiri. Kini sudah dibawa ke RSUD Tangerang.

Terakhir anggota Satuan Lalu-lintas Polsek Benteng, Tangerang Kota Brigadir Kepala Polisi Sukardi, dengan luka di punggung kanan dan lengan kanan dan dibawa ke RSUD Tangerang. (amin)


Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.