Danlanal Banten Sambut Tim Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi

KRI Rigel
MERAK, JO- Dinas Hidro-Oceanografi TNI AL (Dishidros) bersama dengan Kemenko Maritim melaksanakan kegiatan Penelitian Kelautan, Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi di perairan Selat Sunda, Rabu (3/8).

Kedatangan Tim Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi yang terdiri dari Kadishidros, Laksma TNI Daryanto, SM, dan Deputi Kelautan Maritim Kemenko Maritim Arif Havas Oegroseno beserta rombongan disambut oleh Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Dadang Somantri beserta perwira staf dan Komandan KRI Rigel-933 Letkol Laut (P) M Wirda Prayogo, ST di dermaga PT Indah Kiat Merak, Pulomerak-Cilegon.

Pada kesempatan tersebut, Arif Havas Oegroseno dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari survey di wilayah perairan Selat Sunda yang dilaksanakan atas kerjasama antara Kemenko Maritim dengan Dishidros TNI AL dalam rangka untuk memantau permukaan dasar laut, mengamankan alur pelayaran dan meneliti sumber daya alam didasar laut maritim untuk penguatan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Arif juga menambahkan bahwa Perairan Selat Sunda merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI-I) yang memiliki frekwensi pelayaran sangat tinggi sehingga perlu dilakukan survey dan pemetaan untuk menyusun kebijakan/pertahanan stragis di perairan.

Sedangkan dalam sambutan Kadishidros menyampaikan bahwa Dishidros TNI AL akan selalu melaksanakan dalam mendukung kebijakan Indonesia sebagai poros maritim dunia dimana Dishidros TNI AL telah memiliki dua kapal baru yaitu KRI Rigel - 933 dan KRI Spica - 934 sebagai kapal survey yang canggih dengan dilengkapi ROV sebagai robot bawah air untuk survey geofisika yang mempunyai kemampuan menyelam hingga 1.000 meter dari atas permukaan air. ROV tersebut juga memiliki lengan dengan 5 fungsi gerakan untuk mengambil objek didasar laut.

Selain itu, ROV juga dilengkapi dengan AUV (Autonomous Under Water Vehicle) yang berfungsi untuk pencitraan bawah laut sampai kedalaman 1000 meter dan mengirimkan data secara periodik. Ditambahkan Kadishidros bahwa kegiatan survey di perairan Selat Sunda akan dilaksanakan selama 50 hari.

Seusai rapat persiapan yang dilaksanakan diatas KRI Rigel-933, Kadishidros dan Deputi Kedaulatan Maritim Kemenko Maritim beserta rombongan melaksanakan Joy Sailing disekitar perairan Merak hingga perairan Pulorida Merak-Cilegon. (jo-17)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.