Tito Karnavian Janji Hilangkan Korupsi di Jajaran Kepolisian

Irjen Pol Tito Karnavian di Komisi III DPR, Jakarta, hari ini.
JAKARTA, JO - Calon tunggal Kapolri, Komjen Pol Tito Karnavian menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di Komisi III di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (23/6).

Fit and proper test telah dimulai sejak pukul 10.00 WIB, Tito tiba di Gedung DPR sekitar pukul 09.12 WIB. Ia tidak banyak berkomentar dan langsung menuju ruang tunggu Komisi III.

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan, seluruh fraksi di DPR menerima pencalonan Tito dan siap meloloskannya sebagai Kapolri. Tito dinilai sebagai sosok yang bersih dan pantas dijadikan sebagai Kapolri.

Tito akan diberi kesempatan 30 menit untuk memaparkan visi misi dan programnya saat menjadi Kapolri nanti. Pimpinan dan anggota Komisi III akan mengajukan pertanyaan untuk pendalaman.

Komisaris Jenderal Tito Karnavian berjanji akan berusaha menghilangkan korupsi di internal Korps Bhayangkara apabila ia terpilih sebagai Kapolri. Salah satu caranya adalah dengan membentuk tim antikorupsi internal di tubuh Polri.

"Pembentukan tim internal antikorupsi dioptimalkan dalam pembentukan zona integritas," kata Tito saat uji kepatutan dan kelayakan terhadap di ruang rapat Komisi III DPR RI.

Tito akan mendorong para pejabat di kepolisian untuk melaporkan harta kekayaannya kepada pengawas internal Polri. Akan ada juga peraturan kapolri soal pembelian barang mewah oleh anggota Polri.

"Kita juga akan mengoptimalkan whistle blower sistem, serta peraturan kapolri mengenai bisnis anggota polri," ujar Tito.

Polri selama ini disorot soal praktik korupsi yang dilakukan oknum polisi. Penilaian publik terhadap Polri pun buruk. Kasus korupsi yang paling disorot, yakni korupsi pengadaan simulator surat izin mengemudi (SIM) di Korps Lalu Lintas Polri.

Soal pelaporan harta kekayaan pun masih dikritik. Tidak semua pejabat Polri melaporkan harta kekayaan kepada KPK. Komjen Budi Waseso sempat disorot lantaran tidak melaporkan LHKPN sewaktu menjabat Kabareskrim. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.