Lomba petik sampah dan operasi tangkap tangan. (foto:
istimewa)
JAKARTA, JO- Meramaikan pagelaran tahunan Ennichisai 14-15 Mei pada tahun 2016 di Little Tokyo Blok M Square, PT AEON Indonesia dan Jakarta Osoji Club (JOC) menggelar lomba petik sampah dan Operasi Simpatik Tangkap Tangan (OTT) bagi para pelaku yang membuang sampah sembarangan.

Ennichisai sendiri adalah festival budaya dan kuliner Jepang yang diadakan rutin setiap tahun di kawasan Little Tokyo, Blok M Square, Jakarta Selatan. Kegiatan ini didukung oleh Ramen 38 Sanpachi, QLUE, Dinas Kebersihan DKI Jakarta, dan PT Fukusuke.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga karakter sebagai warga Jakarta dengan membuang sampah pada tempatnya sekaligus melakukan penertiban bagi para pengunjung yang masih memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan.

Lomba Petik Sampah (LPS) di Ennichisai 2016 merupakan perlombaan untuk menjaga kebersihan areal Ennichisai dengan memetik (memungut) sampah yang ada di areal.

“Hasil Petik Sampah ini akan ditimbang dan ditukarkan dengan hadiah menarik, selain itu kami juga kampanyekan slogan kami “Malu Buang Sampah Sembarangan” kepada masyarakat dan mulai menjadikan tertib buang sampah sebagai kebiasaan baik sehari-hari”, ungkap Bunge Sujika Hakiki dari JOC.

Operasi Simpatik Tangkap Tangan (OSTT) adalah program Dinas Kebersihan DKI dalam memberi sanksi bagi para pelaku buang sampah sembarangan dan dapat dikenakan denda sebesar Rp100.000 - Rp500.000 sesuai Perda No 3 Tahun 2013 Pasal 130 Ayat 1.

“Kami ingin mendorong masyarakat lebih peka dan peduli terhadap permasalahan sampah. Jika ada yang melihat pelaku yang membuang sampah sembarangan, kami ingin melibatkan partisipasi masyarakat lain agar melaporkannya melalui Qlue agar ditindaklanjuti oleh aparat pemerintah. Maka #BERANIBERUBAH mulai letakkan sampah pada tempatnya,” ungkap Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adjie .

Sementara Agung Prabowo selaku Marketing Communication Executive QLUE, Ennichisai merupakan momen acara ini yang baik karena memuat konten terkait isu sampah dan kebersihan lingkungan.

Dalam acara ini juga ada lomba posting laporan sampah di QLUE sekaligus melanjutkan inisiatif #BeraniTanpaPlastik dimana masyarakat harus memulai mengurangi penggunaan kantong plastik dengan membawa kantong/reusable bag sendiri. (jo-4)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.