Penemuan Benteng di Pasar Ikan, Direstorasi seperti Zaman Belanda - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Penemuan Benteng di Pasar Ikan, Direstorasi seperti Zaman Belanda

Penggalian di sekitar Pasar Ikan, Jakarta Utara.
JAKARTA, JO- Penertiban kawasan Pasar Ikan, Jakarta Utara punya hikmah besar. Benteng peninggalan zaman Belanda yang tenggelam sedalam dua meter pun ditemukan, berikut benda-benda bersejarah lainnya.

Kini, pihak Pemprov DKI Jakarta menggandeng tim arkeolog dari Univesitas Indonesia (UI) berupaya untuk merestorasi kawasan itu seperti semula di zaman Belanda.

Menurut Gubernur Basuki T Purnama (Ahok) di Jakarta, Kamis (12/5), waktu dilakukan penggalian ditemukan dinding yang pintunya bulat.

"Ternyata sudah tenggelam dua meter di bawah permukaan laut," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Catur Liswanto mengatakan, sebelum ini situs tersebut tertutup oleh bangunan rumah warga.

"Cagar budaya yang ditemukan kaya tembok pembatas kota itu ada kaitannya dengan perkembangan kota Jakarta saat itu. Nah itu tertutup selama ini," kata dia.

Faktor penurunan muka tanah juga menjadi penyebab situs bersejarah dikawasan Pasar Ikan akhirnya tidak terlihat.

"Kita dibantu oleh arkeolog akan lakukan restorasi sehingga nilai sejarahnya dihidupkan kembali," tandasnya.

Menurut Ahok, pengerukan pun dilakukan hati-hari agar tidak merusak situs yang saat ini di bawah air.

Ia juga menegaskan, pihaknya masih mencari cara untuk merestorasi kawasan Pasar Ikan kembali seperti jaman Belanda. Pasalnya ada beberapa situs yang rusak. Sejauh ini pengerukan di Pasar Ikan juga tidak boleh terlalu dalam.

"Makanya, kalau pengerukan nggak terlalu dalam, kita hentikan. Jadi harus hati-hati," tandasnya. (jo-3)


Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.