Gerhana Bulan Penumbra Malam Ini Siap-siap Air Laut Naik Sedikit

Gerhana bulan penumbra.
JAKARTA, JO- Rabu (23/3) malam ini, akan terjadi gerhana bulan penumbra atau saat bulan mengelilingi bumi melintas di wilayah bayangan gelap bumi tepatnya di wilayah bayangan gelap kabur atau penumra.

Gerhana ini dapat disaksikan dari seluruh Indonesia mulai pukul 16.36 WIB, puncak gerhana akan terjadi pada pukul 18.47 WIB dan berakhir pada pukul 20.57 WIB.

Dampaknya akan terjadi kenaikan gelombang air laut, yang di Jakarta diprediksi hanya akan mengalami sedikit kenaikan alias tidak signifikan.

Menurut Kepala Bidang Pengendalian dan Informatika, Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Bambang Surya Putra di Jakarta, hari ini, kenaikan itu maksimal 0,7 meter. Hal itu mereka peroleh dari perhitungan yang didapat dari BMKG.

"Jadi BMKG sudah prediksi kenaikannya maksimal 0,7 meter," kata Bambang.

Selain berdampak pada tingginya permukaan laut, gejala alam ini juga mempengaruhi adanya tanah longsor pada tanah yang tidak stabil, namun dampak tersebut belum tentu terjadi.

Jika dilihat secara detail dengan teleskop maka akan tampak permukaan sedikit gelap, jika dipotret dan dibandingkan maka piringan bulan akan sedikit lebih redup dari pada piringan bulan saat bulan purnama. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.