UKK Teknik Komputer Jaringan di SMK Citra Negara Depok.
DEPOK, JO - Salah satu tahapan dalam rangkaian kegiatan Ujian Nasional (UN) khususnya bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

Sesuai dengan Pedoman UKK SMK yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pelaksanaan UKK untuk praktik kejuruan dilaksanakan selama 5 hari.

Menurut Waka Kurikulum SMK Citra Negara Depok Ir Lukman Kharis, di Depok, Sabtu (20/2), kegiatan UKK yang dilaksanakan 16 - 20 Februari 2016 adalah kegiatan yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari kegiatan UN.

UKK Tata Niaga  di SMK Citra Negara Depok.

"Uji Kompetensi bertujuan untuk memenuhi spesifikasi standard keahlian di bidang masing-masing kejuruan dan mengetahui seberapa kompeten para peserta didik dalam penguasaan program kejuruan yang dipelajarinya selama kurun waktu tiga tahun, " kata Lukman Kharis.

Dalam pelaksanaan UKK ini penilaian dilaksanakan menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi. Hal ini mengacu kepada kurikulum SMK yang dikembangkan dan dilaksanakan dengan penilaian dalam bentuk Praktik Kejuruan dan Teori Kejuruan.

Ada beberapa kejuruan yang di-UKK-kan di SMK Citra Negara Depok, yaitu Teknik Komputer Jaringan, Tata Niaga dan Multimedia dengan pelaksanaan yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu untuk Teknik Komputer Jaringan, Menyiapkan Proposal Keahlian, Instalasi OS, Perakitan PC dan Pengkabelan.

UKK Multimedia di SMK Citra Negara Depok.
Selanjutnya untuk UKK Tata Niaga meliputi pembuatan Proposal usaha, menata produk dan mengoperasikan Cash Register serta Uji Kompetensi Keahlian Multimedia membuat proposal iklan produksi, presentasi produksi dan mebuat iklan produksi.

"Dalam kegiatan tersebut juga melibatkan penguji internal dan penguji eksternal. Penguji internal yaitu guru yang ditunjuk, sedangkan penguji eksternal berasal dari dunia usaha dan industri atau asosiasi profesi institusi yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dengan kompetensi keahlian yang akan diajukan," sambungnya. (restu gayuh)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.