Pengungsi Gafatar Lebih 1.529 Orang, Pemerintah Tegaskan Lindungi Warga yang Diserang

Tjahjo Kumolo
JAKARTA, JO- Jumlah pengungsi kelompok Gafatar di Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) lebih dari 1.529 orang.

Jumlah ini belum termasuk pengungsi di Kabupaten Singkawang, Ketapang, Kayong, dan daerah lain, menurut data yang disampaikan Mendagri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (20/1).

Secara lebih rinci, jumlah pengungsi yang berasal dari wilayah Kabupaten Mempawah ada 1.119 jiwa, atau 318 KK, yang terdiri atas 370 pria, 312 perempuan, dan 437 anak-anak.

Kemudian dari Kabupaten Kubu Raya, ada 410 jiwa yang terdiri atas 112 kepala keluarga.

Menurut Tjahjo, para pengungsi ini kini berada di Kamp Bekangdam XII/Tangjungpura.

Sebelumnya anggota kelompok Gafatar ini diungsikan setelah mendapat penolakan dari warga setempat.

Sementara Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan, pemerintah tentunya harus hadir pada semua warga bangsa yang ada. Untuk itu, Presiden telah meminta untuk Menko Polhukam dan Mendagri, Kepolisian, dan Panglima TNI untuk menyelesaikan persoalan ini.

"Tetapi terhadap warga sendiri atau siapapun yang kemarin mengalami diserang, pemerintah bertanggung jawab. Wajib untuk melakukan perlindungan," tegas Pramono. (Jo-2)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.