Rapat paripurna DPR yang digelar 5 fraksi Koalisi
Indonesia Hebat, hari ini. (foto:jo-2)
JAKARTA, JO- Fraksi-fraksi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) akhirnya mengesahkan pimpinan DPR sementara tanpa ketua. Mereka juga akan mengundang lima fraksi lain yang belum bergabung untuk membahas alat kelengkapan dewan (AKD).

Rapat paripurna lima fraksi yakni F-PDI Perjuangan, PKB, Nasdem, PPP, dan Hanura dipimpin oleh pimpinan sidang Ida Fauziah dari Fraksi PKB, dengan Effendi Simbolon dari F-PDI Perjuangan, Syaifullah Tamliha dari PPP, Supriyadi dari NasDem, dan Dossy Iskandar dari Hanura.

Rapat berlangsung setelah sebelumnya peserta rapat terpaksa balik badan dari Nusantara II karena dikuncinya ruang rapat paripurna itu oleh pihak Setjen DPR RI. Tak hanya ruangan yang dikunci, tapi juga lift dan AC dimatikan.

Rapat didahului dengan pengesahan mosi tidak percaya terhadap pimpinan DPR yang dipimpin Ketua DPR Setya Novanto dari Partai Golkar, Fadli Zon dari Gerindra, Agus Hermanto dari Partai Demokrat, Taufik Kurniawan dari PAN dan Fahri Hamzah dari PKS.

Setelah itu, rapat dilanjutkan dengan pengesahan pimpinan DPR setelah didahului dengan penyampaikan nama-nama calon pimpinan masing-masing fraksi ke pimpinan sidang. "Apakah nama-nama pimpinan DPR ini bisa disetujui?" tanya Ida Fauziah yang dijawab dengan "Setuju..." oleh para anggota DPR yang hadir.

Cek Hotel di Jakarta, Bandingkan Tarifnya | Cek Hotel di Parapat, Danau Toba, Bandingkan Harga dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Bandung, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Surabaya, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak berbeda dengan rapat paripurna biasanya, rapat kali ini pun diwarnai banyak interupsi dari anggota DPR. Mereka antara lain memuji kepemimpinan Ida Fauziah yang sangat akomodatif terhadap interupsi para anggota. "Saya memuji kepemimpinan pimpinan sidang yang sangat akomodatif dan aspiratif, tidak seperti yang di sebelah sana," kata seorang anggota yang disambut tertawa anggota lainnya.

Selain kedua agenda itu, rapat paripurna yang berlangsung sejak pukul 10.30 WIB itu juga mengagendakan penyampaikan nama-nama anggota fraksi yang akan duduk di alat kelengkapan dewan. Seiring dengan itu, pimpinan fraksi masing-masing pun menyampaikan nama-nama, termasuk dari F-PPP DPR.

Namun begitu untuk pengesahan masing-masing nama, paripurna memutuskan untuk terlebih dahulu mengundang fraksi-fraksi lain yakni yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih untuk hadir. Keputusan ini sempat mengundang tawa dari para peserta saat pimpinan sidang mempertanyakan apakah lima fraksi lain ada yang hadir dalam rapat paripurna.

"Dari Fraksi Golkar apakah ada? Dari Gerindra?" tanya Ida Fauziah.

Rapat kemudian diagendakan untuk pembahasan lebih lanjut mengenai AKD ini pada pekan depan. (jo-2)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.