Ilustrasi
JAKARTA,JO- Jenis penyakit tuberculosis multi drugs (TB MDR) atau biasa di sebut pasien yang kebal terhadap obat makin bertambah di wilayah Jakarta Barat (Jakbar). Saat ini sedikitnya ada 20 pasien yang mengalami penyakit tersebut .

"Masalah ini sangat serius. Khusus kasus TB MDR atau pasien yang kebal terhadap obat terjadi akibat penderita TB tidak disiplin meminum obat, sehingga tidak lagi mempan pada obat lini pertama maupun lini kedua," ujar Kasudin Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Jakbar Widyastuti, di Jakarta, belum lama ini.

Widyastuti mengatakan,untuk penanggulangannya,pasien penderita TB disarankan untuk melakukan pengobatan minimal 6 bulan secara berkala dengan mengonsumsi obat dengan teratur.

Sedangkan bagi pengidap TB MDR, pasien diharuskan meminum obat selama dua tahun dengan biaya pengobatan mencapai Rp 200 juta.

Jika penderita TB tidak teratur melakukan pengobatan selama waktu yang ditentukan,minimalnya selama 6 bulan, maka pasien akan mengalami TB MDR.

Dikatakan, sementara ini penanganan serta perawatan pasien hanya bisa di RS Persahabatan Jakarta Timur.

Cek Hotel di Jakarta, Bandingkan Tarifnya | Cek Hotel di Surabaya, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Cara pengobatannya,tambah Widyastuti, pasien TB MDR selama delapan bulan harus mendapatkan pengobatan dengan disuntik dan meminum obat 15 butir setiap harinya.

Konsumsi obat juga harus dilakukan dihadapan petugas, sehingga penderita diharuskan datang ke RS setiap hari agar dapat dikontrol langsung.Sebab penyakit ini merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya.

Hitungannya bisa menularkan dari satu orang yang positif kepada 10 hingga 11 orang di sekitarnya.Karena itu,sebagai langkah pencegahan penularan TB MDR, Sudin Kesehatan Jakbar bersama puskesmas rutin melakukan kunjungan ke tempat tinggal pasien untuk melakukan pengontrolan.

"Selain melakukan pengontrolan,kami juga membentuk kaderisasi pengawas minum obat (PMO)dari keluarga dekat pasien untuk mengawasi si penderita dalam mengkonsumsi obat," kata Widyastuti.

Kasudin Kesmas Jakbar mengimbau jika mengalami batuk berkepanjangan, keringat dingin, berat badan menurun karena nafsu makan berkurang dan demam di malam hari,diminta agar segera memeriksakannya ke klinik atau rumah sakit terdekat. (jo-6)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.