Diduga Peras Anak Perusahaan Podomoro, Bupati Karawang Ade Swara dan Istrinya Ditahan KPK

Ade Swara dan Nur Latifah
JAKARTA, JO- Bupati Karawang Ade Swara dan istrinya Nur Latifah akhirnya ditahan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (19/7) malam, menyusul penetapan keduanya menjadi tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan terkait dengan izin penerbitan surat permohonan pemanfaatan ruang di Karawang.

Ade Swara ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Guntur, sedangkan Nur Latifah, yang juga Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Karawang ini ditahan di Rutan Jakarta Timur cabang KPK.

Mobil KPK terlebih dahulu menggiring Nur Latifah ke Rutan di Jaktim sekitar pukul 21.00 WIB, menyusul suaminya sekitar pukul 22.15 WIB. Baik Nur Latifah maupun Ade Swara tidak memberikan keterangan apapun kepada wartawan.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan, KPK menetapkan Bupati Karawang Ade Swara dan istrinya Nur Latifah sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan terkait dengan izin penerbitan surat permohonan pemanfaatan ruang di Karawang.

Oleh KPK, keduanya disangkakan melanggar Pasal 12 E atau pasal 23 Undang-Undang No31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 kesatu.

Sementara Ketua KPK Abraham Samad menyebut keduanya melakukan pemerasan terhadap PT Tatar Kertabumi, perusahaan ini merupakan anak perusahaan Podomoro Land. Ade diduga telah meminta uang senilai Rp5 miliar dalam pecahan dollar, yaitu 424.349 dolar Amerika.

Uang tersebut diambil dari PT Tatar Kertabumi oleh adik Nur Latifah itu terdiri atas 4320 lembar pecahan 100 dollar Amerika, 20 lembar pecahan 20 dollar Amerika, satu lembar pecahan 5 dollar Amerika dan empat lembar pecahan 1 dolar Amerika.

Penangkapan kedua orang ini dilakukan KPK kemarin di dua tempat berbeda, yakni di rumah bupati dan di sebuah pusat perbelanjaan di Karawang. (jo-5)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.