Marinus Gea saat melakukan sosialisasi di Kota Tangerang, Kamis (6/7/2023).

JAKARTA, Jakartaobserver.com- Anggota DPR/ MPR RI dari Fraks PDI Perjuangan Marinus Gea, SE, MAk mengingatkan Empat Pilar MPR RI merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk bisa berdiri kukuh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri.
 
Setiap penyelenggara negara dan segenap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan, bahwa itulah prinsip-prinsip moral ke-Indonesiaan yang memandu tercapainya perikehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
 
Hal itu disampaikan Marinus Gea dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Kamis (6/7/2023) di Kota Tangerang, Provinsi Banten. “Pengalaman sejarah menunjukkan bahwa pengabaian, pengkhianatan, dan inkonsistensi yang berkaitan dengan keempat pilar tersebut bisa membawa berbagai masalah, keterpurukan, penderitaan dan perpecahan dalam perikehidupan kebangsaan,” kata Marinus Gea.
 
Untuk itu diperlukan adanya usaha sengaja untuk melakukan penyadaran, pengembangan dan pemberdayaan menyangkut empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara itu. Para penyelenggara negara baik pusat maupun daerah dan segenap warga negara Indonesia harus sama-sama bertanggung jawab untuk melaksanakan nilainilai yang terkandung dalam empat pilar tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Dikatakan anggota Komisi XI DPR RI ini, dalam negara yang berasaskan kekeluargaan, para penyelenggara negara wajib memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur. Sementara itu, setiap warga negara hendaknya lebih mengedepankan pemenuhan kewajibannya kepada negara sebelum menuntut hakhaknya.
 
Untuk dapat menjalankan kewajiban dan memahami hak—haknya, setiap unsur pemangku kepentingan dalam kehidupan kenegaraan harus menyadari pentingnya prinsip yang terkandung dalam keempat pilar tersebut, berusaha mengembangkan pemahamannya, serta memberdayakan kapasitas dan komitmennya dalam aktualisasi nilai-nilai tersebut sesuai dengan bidang, profesi dan posisi masing-masing.
 
Pada bagian lain, Marinus juga menyebut, Empat Pilar MPR RI tersebut patut disyukuri dengan cara menghargai kemajemukan yang hingga saat ini tetap dapat terus dipertahankan, dipelihara, dan dikembangkan.
 
“Semua agama turut memperkukuh integrasi nasional melalui ajaran—ajaran yang menekankan rasa adil, kasih sayang, persatuan, persaudaraan, honnat-menghormati, dan kebersamaan,” sambung Marinus lagi.
 
Selain itu, nilai-nilai luhur budaya bangsa yang dimanifestasikan melalui adat istiadat juga berperan dalam mengikat hubungan setiap warga bangsa. (jo4)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.