Kasad Jenderal TNI Mulyono saat tiba di Merauke, Kamis (4/10/2018).
JAKARTA, JO- Kasad Jenderal TNI Mulyono tiba di Kabupaten Marauke, sekitar pukul 15.30 WIT Kamis sore (4/10/2018) dengan Pesawat Boing 737 milik TNI AU dalam rangka mewakili Panglima TNI bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT Ke-73 TNI di titik terdepan sisi Timur Indonesia.

Semula dijadwalkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP akan bertindak sebagai Irup. Namun karena perkembangan situasi Negara khususnya bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala dan Mamuju yang membutuhkan perhatian dan penindakan khusus, maka akhirnya Panglima TNI mendelagasikan kepada Kasad Jenderal TNI Mulyono yang akan bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT ke-73 TNI tanggal 5 Oktober 2018 di Bandara Mopah Merauke.

Kedatangan orang nomor satu di jajaran TNI Angkatan Darat tersebut disambut oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George E Supit didampingi Wakapolda Papua Brigjen Pol. Yakobus Marjuki, Kasdam, Bupati Merauke dan sejumlah unsur Forkopimda Kabupaten Merauke.

Setibanya di Kabupaten Merauke, Kasad juga disambut Tarian Adat Khas Suku Marind yang merupakan suku pribumi tanah Anim Ha dan sekaligus diangkat sebagai “Anak Adat” daerah setempat yang ditandai dengan penyematan kalung adat dan mahkota burung Kasuari sebagai lambang penghormatan kepada tamu besar seperti Kasad oleh Ketua LMA (Lembaga Masyarakat Adat) Kabupaten Merauke, Ignasius Ndiken.

“Selamat datang Bapak Kasad, kami masyarakat Adat Marind menerima bapak sebagai anak adat,” ungkap Ignasius sesaat sebelum memakaikan topi kebesaran Adat Marind.




Selanjutnya, Jenderal TNI Mulyono meninjau tempat pelaksanaan Bakti Sosial TNI bertempat di Tuguh Hati Kudus kompleks Bandara Mopah Merauke, dengan dihadiri ribuan warga yang mendapatkan pelayanan pengobatan gratis secara massal dan penerima bantuan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kasad secara simbolis menyerahkan alat kontak kepada Veteran, Warakawuri dan masyarakat Merauke berupa bantuan kaki palsu, kursi roda, alat bantu pendengaran, sembako, kunci rumah sebagai bentuk perwujudan kepedulian sosial TNI dalam memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat

Selain itu, juga menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah lembaga pemerintah maupun swasta yang telah menjadi mitra dalam menyukseskan rangkaian agenda dalam rangka HUT Ke-73 TNI Tahun 2018, diantaranya diberikan kepada Bupati Merauke, sejumlah perbankan, dan LSM di Merauke.

Mengakhiri peninjauannya KasadJenderal TNI Mulyono mengajak semua hadirin untuk memanjatkan doa sejenak agar Allah SWT meringankan beban saudara-saudara yang sedang terkena musibah, di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Muntong. “Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai saudara-saudara kita dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagaimana sedia kala,” ucapnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.