Presiden Jokowi Lantik Gubernur Sumsel dan Kaltim - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Pelantikan pasangan gubernur-wakil gubernur Sumsel dan Kaltim di Istana Negara, Jakarta, Senin (1/10/2018).
JAKARTA, JO- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla melantik pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor dan Hadi Mulyadi, dan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru dan Mawardi Yahya masa jabatan 2018-2023, di Istana Negara, Jakarta, Senin (1/10/2018) pagi.

Pelantikan kedua pasangan gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada Serentak akhir Juni lalu itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 173/P dan 174/P tentang pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Usai pembacaan SK, Presiden memimpin pengambilan sumpah jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan 2018-2023, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan.




Pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi akan menggantikan Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisyal sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur. Sedangkan Herman Deru dan Mawardi Yahya menggantikan Alex Noerdin dan Ishak Mekki sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Selatan.

Acara pelantikan ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh presiden dan istri serta wakil presiden dan istri, diikuti tamu undangan lainnya.

Rangkaian acara pelantikan tersebut diawali dengan Penyerahan Petikan Keputusan Presiden oleh Presiden RI kepada masing-masing Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan Tahun 2018-2023, di Istana Merdeka, Jakarta.

Bertempat di Ruang Kredensial, Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Mensesneg Pratikno, dan Seskab Pramono Anung menyerahkan Petikan Surat Keputusan Presiden (Keppres) kepada calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik.

Usai penyerahan petikan Keputusan Presiden, Presiden Joko Widodo beserta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mendagri Tjahjo Kumolo bersama pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju ruang pelantikan di Istana Negara. Prosesi kirab tersebut diiringi oleh pasukan marching band. (jo-2)

Diberdayakan oleh Blogger.