Rahmijati Jahja Sosialisasi Empat Pilar ke Mahasiswa dan Dosen di Gorontalo - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Rahmijati Jahja Sosialisasi Empat Pilar ke Mahasiswa dan Dosen di Gorontalo

Hj Rahmijati Jahja saat melakukan sosialisasi di Gorontalo, Kamis (6/9/2018).
GORONTALO, JO- Senator asal Gorontalo Hj Rahmijati Jahja, SPd menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan mencakup Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, di Hantaleya Cafe, Limboto, Gorontalo, Kamis (6/9/2018).

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri sekitar 200 orang termasuk mahasiswa beserta dosen, LSM dan kalangan jurnalis.

Anggota DPD RI Rahmijati Jahja di hadapan peserta menyampaikan mengatakan sosialisasi Empat Pilar ini merupakan salah satu kegiatan utama yang dilaksanakan oleh anggota DPD RI.

“Sosialisasi Empat Pilar ini memang dirasakan masih perlu diberikan kepada seluruh elemen masyarakat utamanya mahasiswa sebagai generasi muda, mengingat saat ini realita kehidupan sosial, politik, ekonomi dan kemasyarakatan harus lebih dibangkitkan lagi," ungkapnya.

Dikatakan, Empat Pilar seharusnya kewajiban seluruh pemangku kebijakan yakni pemerintah, DPR RI, MPR RI, ataupun instruktur sampai bawah sampai kabupaten /kota. Ini penting untuk dipahami, apalagi sosialisasi Empat Pilar yang dilakukan ini sudah berjalan lama dan ini dilakukan simultan.

"Pengertian terhadap nilai-nilal yang terkandung dalam Empat Pilar perlu terus diberikan dan ditingkatkan,” lanjutnya.

Anggota DPD RI dua priode tersebut mengatakan, tujuan sosialisasi Empat Pilar ini antara lain memantapkan dan meneguhkan kembali semangat yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara, meningkatkan pengertian hal persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI serta meningkatkan kesadaran hukum dan konstitusional dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.




Ia menambahkan, momen kemerdekaan mudah-mudahan dapat mempertebal rasa nasionalisme kita serta bisa lebih menghargai nilai-nilai perjuangan bangsa yang telah ditorehkan oleh para pejuang kemerdekaan, tandasnya. Karena itu, mahasiswa diharapkan memiliki semangat patriotik yang disesuaikan dengan jaman.

“Yakni memiliki karakter kebangsaan yang kuat, menguasai ilmu pengetahuan teknologi, sehingga memiliki daya saing yang tinggi. Mahasiswa adalah bagian dari elemen pemuda Indonesia yang merupakan aset bangsa dan modal pembangunan dan potensial sebagai bagian dari aset pertahanan bela negara," sambung Rahmijati Jahja.

Terlebih mereka adalah para mahasiswa yang mendapat subsidi dari rakyat, sehingga perlu mendapatkan pemahaman dan penguatan dalam hal wawasan kebangsaan dan motivasi bela negara.

“Dalam konteks inilah diharapkan sosialisasi empat pilar kebangsaan melalui metode outbond ini bisa memberikan wacana dan pembentukan karakter bangsa yang berakhlak, berbudi pekerti, dan berperilaku baik melalui pembinaan penguatan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa di Provinsi Gorontalo.

Pada kesempatan itu juga, anggota DPD dua periode ini menggelar kuis berhadiah jutaan rupiah. Kuis yang bertemakan “Dengan Semangat Kemerdekaan Kita Perkuat Empat Pilar Bangsa” dengan Sub tema “Melalui Kuis Kebangsaan Kita Bangun Indonesia dari Gorontalo".

Kuis ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat Gorontalo, Ini dibuktikan dengan jumlah peserta yang mencapai 200 lebih. (jo-2)


Diberdayakan oleh Blogger.