Hari Hidrografi Dunia 2018, Pushidrosal Gelar Seminar Internasional - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Hari Hidrografi Dunia 2018, Pushidrosal Gelar Seminar Internasional

Seminar internasional dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia 2018
JAKARTA, JO- Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar Seminar internasional hidrografi bertema “Bathymetry - the foundation for sustainable seas, oceans and waterways”. Seminar yang digelar dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia tahun 2018 ini dibuka Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, SE, MM mewakili Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE, MM, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Senin (17/9/2018).

Kasal dalam Keynote Speech-nya yang dibacakan Asrena Kasal antara lain mengatakan bahwa hidrografi dan pengetahuan tentang bentuk dan kedalaman dasar laut mendorong pemanfaatan laut yang tepat, aman, lestari dan efektif.

Ditambahkannya, maksud peringatan Hari Hidrografi Dunia 2018 dimaksudkan untuk mempromosikan keselamatan navigasi, khususnya area pelayaran internasional, pelabuhan, marine protected areas serta daerah penting lainnya.

Sementara itu, Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr Ir Harjo Susmoro, SSos, SH, MH, dalam Opening Remark-nya mengatakan perlunya peningkatan kesadaran publik tentang pentingnya peran hidrografi untuk keselamatan pelayaran. Hal tersebut dilakukan dengan koordinasi dengan para praktisi hidrografi, industry maritime, ilmuwan serta para akademisi.




Kegiatan seminar yang digelar sebagai puncak dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Hidrografi Dunia tahun 2018 bertujuan untuk memperoleh masukan para pakar dari berbagai pemangku kepentingan sebagai bahan dalam merumuskan kebijakan terkait dengan peran Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal). Juga sebagai sumbang saran dalam proses pembangunan kelautan nasional yang berkesinambungan serta peran Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Beberapa pembicara hadir, baik dari dalam maupun luar negeri, di antaranya dari INSA Budhi halim, Mr Eric Fremouw (Reasonuance Consultants / Veris Australia), Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri, Mr Parry Oei (Chief Hydrographer Singapura) serta Secretary General International Hydrographic Organization (IHO) Dr Mathias Jonas.

Pada kesempatan ini, juga dilaksanakan Penandatangan License of Agreement Nautical Almanac dari The United Kingdom Hydrographic Office (UKHO) kepada Pushidrosal dan Penyerahan Sertifikat LSP P3 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada Kapushidrosal, selaku Ketua Dewan Hidrografi Indonesia.

Selain itu juga dilaksanakan penyerahan Penghargaan kepada para juara Lomba Karya Tulis (LKTI) dalam rangka Hari Hidrografi Dunia 2018 dan penghargaan kepada Pemberi Kawat Navigasi Terbanyak untuk KRI, KN dan Kapal Niaga. (jo-17)



Diberdayakan oleh Blogger.