Dinas Sosial DKI Siagakan 425 Personel Mengatasi PMKS Selama Asian Games - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Dinas Sosial DKI Siagakan 425 Personel Mengatasi PMKS Selama Asian Games

Asian Games 2018
JAKARTA, JO-Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta menyiagakan sebanyak 425 personel petugas pelayanan, pengawasan, dan pengendalian sosial (P3S) di 284 titik yang rawan para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) selama Asian Games 2018 berlangsung.

Menurut Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Irmansyah, kepada wartawan, Senin (13/8/2018), ratusan petugas itu bersiaga setiap hari untuk menjaga rawan PMKS selama Asian Games berlangsung.Jumlah personil disesuaikan dalam satu titik yang banyak PMKS-nya setiap hari sampai 2 September.

Pengawasan itu titiknya di Gelora Bung Karno, Jakarta Convention Center, JIExpo Kemayoran, Ancol, Stadion Baseball Rawamangun, Jakarta International Velodrome, Jakarta International Equestrian Park Pulo Mas, GOR POPKI Cibubur, TMII, Pondok Indah Golf, dan Stadion Pertamina Simprug. Petugas juga akan disiagakan di jalur-jalur yang dilalui para atlet dan official.

Dikatakannya, petugas P3S akan berkeliling untuk mengawasi keberadaan PMKS. Tidak hanya di kota atau jalan utama tapi di daerah pinggiran kota pun kita kerahkan karena kebanyakan PMKS saat ini beroperasi di daerah pinggiran sebelum akhirnya mendatangi pusat kota.

"Titik rawan mulai dari jembatan penyeberangan (JPO), pasar tradisional, tempat pemakaman umum, mall, dan tempat-tempat ibadah," kata Irmansyah.

Irmansyah meminta kepada para petugas untuk tetap melakukan penertibakan secara persuasif agar tidak menimbulkan kericuhan atau tindak kekerasan.

"Kalau kita menemukan adanya PMKS selama Asian Games berlangsung mulai 18 Agustus sampai tanggal 2 September mendatang.Kami bawa ke panti sosial lebih dulu sesuai tempatnya untuk anak-anak, balita, semua panti kami siap menampung.Semua PMKS yang ditertibkan akan diberi pembinaan," ujar Irmansyah.




Surya, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat menambahkan,selama Asian Games 2018 berlangsung, pihaknya menambahkan personil P3S pada titik rawan seperti di daerah Kalideres, Cengkareng dan Grogol Petamburan.

"Kami siap siaga selama 24 jam,personil ditambah jadi tiga shief untuk penjagaan rawan PMKS sampai pagi dan titik pantau yang berdekatan dengan perbatasan pusat kegiatan Asian Games 2018," jelas Surya.

Adapun titik penjagaan khusu seperti titik rawan PMKS di Jakarta Barat yakni di Slipi bawah jembatan fly over, Kota Tua, Kalijodo. (jo-6)


Diberdayakan oleh Blogger.