Bupati Samosir Tinjau Pembangunan di Harian dan Sitiotio - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Bupati Samosir Tinjau Pembangunan di Harian dan Sitiotio

Rapidin Simbolon
SAMOSIR, JO- Bupati Samosir melakukan monitoring pembangunan di Kecamatan Harian dan Sitiotio didampingi Kepala Dinas PUPR Pantas Samosir, Sekretaris Diskominfo Rohani Bakara, Kabag Umleng Vikbon Simbolon dan Kabag Humas Siswanto Sinambela.

Pembangunan revitalisasi Pasar Rakyat Sihotang Desa Sampuran Toba, Kecamatan Harian dengan dana Rp 786.271.000 yang bersumber dari DAK diharapkan selesai tepat waktu. Saat ini pelaksanaan masih berjalan sesuai dengan progres dengan masa kerja 120 Hari.

Monitoring selanjutnya yaitu peninjauan rencana pembangunan jalan di pelabuhan Sihotang sepanjang 400 meter senilai Rp 700 juta. Pekerjaan ini diharapkan segera dikerjakan apalagi musim mendukung, Untuk pembangunan Rabat Beton Tamba sebulan sepanjang 280 meter senilai Rp 500 juta.

Rapidin Simbolon berharap agar proyek ini dikerjakan dan diawasi dengan baik, untuk jangan dilalui selama 21 hari sehingga hasilnya akan bagus.

"Kepada pengawas dan rekanan untuk betul-betul membuat campurannya sesuai RAB, Kita sangat sulit mendapatkan anggaran jadi mohon setiap pekerjaan untuk dikerjakan dengan baik biar masyarakat merasakan pembangunan," imbuhnya.




Sesuai dengan Keputusan Gubernur No 188.44/673/KPTS/2018 tentang Penetapan Ruas-Ruas Jalan menurut statusnya sebagai Jalan di Provinsi Sumatera Utara tanggal 8 Juni 2018 maka beberapa jalan Kabupaten berubah menjadi jalan Provinsi antara lain jalan Harian - Sihotang -Tamba - Holbung - Janji Raja sampai ke bakara di Kabupaten Humbang Hasundutan. Sehingga mulai tahun 2019 penanganan ruas jalan ini akan menggunakan dana Provinsi.

Pemkab Samosir sejak Januari 2018 sudah menurunkan alat berat untuk melakukan perbaikan-perbaikan ruas jalan tersebut sehingga sudah layak dilalui kendaraan roda 2 maupun roda 4. Perlakuan untuk jalan dari Harian menuju perbatasan Humbang Hasundutan untuk Tahun 2018 ada beberapa kegiatan pembangunan jalan baik Hotmix maupun rabat beton dengan total anggaran mencapai Rp4,5 miliar.

Rapidin menyampaikan kepada beberapa masyarakat yang dijumpai di lokasi, akan terus melanjutkan pembangunan di daerah tersebut khususnya pembangunan jalan yang tembus ke Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kita berharap jalur jalan ini bisa menjadi lintasan dari Bandara Silangit ke Pangururan, jika jalannya sudah bagus pasti lebih cepat. Tahun 2019 jalan ini sudah ditangani oleh Provinsi. Kita akan berusaha melakukan koordinasi yang baik dengan Provinsi agar jalan ini secepatnya ditangani. Yang pasti dana Provinsi sudah lebih besar untuk pembangunan jalan ini," kata Rapidin. (fsrt)



Diberdayakan oleh Blogger.