Kapushidrosal Inspeksi Survei Hidro-Oseanografi di Belitung

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr Ir Harjo Susmoro, SSos, SH, MH di Perairan Tanjungpandan, Bangka Belitung.
JAKARTA, JO- Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr Ir Harjo Susmoro, SSos, SH, MH melaksanakan inspeksi Survei Hidro-Oseanografi di perairan Tanjungpandan Pulau Belitung Provinsi Bangka Belitung.

Survei hidro - oseanografi ini dilaksanakan dalam rangka update data batimetri alur pelabuhan Tanjung Pandan sesuai Peta Laut Indonesia No 64 tahun 2011.

Pushidrosal berdasarkan Perpres RI No 164 tahun 1960 dinyatakan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, diperkuat dengan Perpres RI No 62 tahun 2016 sebagai Kotama Pembinaan TNI AL, bertugas melaksanakan kegiatan survei dan penelitian hidro - oseanografi di perairan Indonesia untuk kepentingan umum dan militer dengan tingkat ketelitian sesuai standar internasional SP 44 IHO.

Survei dan Pemetaan yang dilaksanakan oleh Pushidrosal ini memiliki nilai strategis dalam rangka mendukung program konektivitas tol laut dan visi pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.




Hal ini sejalan dengan kegiatan Pemda Belitung yang saat ini sedang mengoptimalkan pembangunan perekonomian berbasis kelautan, yang juga selaras dengan filosofi hidrografi merupakan kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan suatu negara.

Turut mendampingi Kapushidrosal dalam inspeksi tersebut, Diropssurta Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Drs. Haris Djoko Nugroho, MSi, Kasubditrenum Ditrena Pushidrosal Letkol Laut (P) Iswantono, SSi,MM, Komandan Lanal Bangka Belitung Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto, SE.

Kapushidrosal meninjau secara langsung Posko tim Survei yang berada di Posal Mendanau, sebagai salah satu bentuk apresiasi atas kinerja seluruh tim survei dalam rangka mendukung Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi di perairan Tanjung Pandan.

Pada kesempatan tersebut, pemimpin Pushidrosal menerima paparan dari Komandan Unit Survei Kerta Wardana 02 - 2018 Mayor Laut (P) Jaenal Mutakim, ST, meliputi teknis dan metode survei serta hasil survei yang sedang dilaksanakan, antara lain : penggambaran detail angka kedalaman laut dan kontur, bahaya navigasi dan kedangkalan yang ditemukan serta nantinya digambarkan alur masuk pelabuhan yang direkomendasikan oleh Tim Survei. Disamping itu dilaksanakan juga pengamatan oseanografi, meteorologi dan informasi geografi maritim.

Nantinya data yang didapatkan oleh tim survei akan segera divalidasi dan diolah di Pushidrosal untuk selanjutnya disajikan dalam bentuk peta kertas, peta elektronik dan publikasi nautika untuk mendukung kepentingan umum dan militer.

Diakhir peninjauan, Kapushidrosal menekankan agar Tim Survei tetap semangat dan solid serta menjadikan tugas survei sebagai bagian dari ibadah dlm rangka mendukung optimasi tugas, fungsi dan peran Pushidrosal sebagai lembaga hidrografi nasional dan pusat informasi geospasial kelautan.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.