Hingga Siang Ini, Tim SAR Belum Berhasil Angkat Bangkai KM Sinar Bangun - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Hingga Siang Ini, Tim SAR Belum Berhasil Angkat Bangkai KM Sinar Bangun

KM Sinar Bangun
SIMANINDO, JO- Hingga Senin (25/6/2018) siang ini tim Basarnas belum menemukan bangkai kapal KM Sinar Bangun yang sebelumnya disebut-sebut telah terdeteksi lokasinya.

Wartawan Jakarta Observer yang berada di lokasi pencarian melaporkan, pihak Basarnas dan relawan yang terlibat dalam proses pencarian pada hari ketujuh sejak kapal itu tenggelam, masih terus melakukan pencarian.

Namun Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi menyebut pihaknya terus melakukan upaya keras untuk mengangkut objek, yang dari hasil analisis berukuran panjang 20 meter dan lebar 5 meter yang telah terdeteksi sebelumnya.

"Kita berupaya untuk mengangkat atau menarik atau bagaimana. Karena kita tidak punya yang namanya robot," kata Syaugi.




Sehari sebelumnya, sekitar pukul 11.12 WIB tim survei Basarnas dan Mahakarya Geo Survey - IAITB yg dipimpin langsung oleh Kepala Basarnas serta disaksikan oleh Menteri Sosial Idrus Marham disebut telah menemukan dan mengidentifikasi posisi kapal Sinar Bangun di koordinat: 2 deg 47’ 3.835 N 98 deg 46’ 10.767 E krdalaman 450 meter.

"Selanjutnya kami serahkan hasil ini kepada pihak berwenang untuk langkah-langkah strategis berikutnya," kata Henky Suharto.

Mengingat kondisi kedalaman yg mencapai 450 meter, pihaknya mengusulkan untuk memobilisasi ROV ECA H1000 semi work class untuk membantu proces pengangkatan kapal yang diperkirakan banyak korban masih terperangkap di dalam badan kapal.

"Terima kasih atas doa dan dukungan luas dari masyarakat akan upaya pemetaan hydrography khususnya untuk misi Search and Rescue," sambung Henky. (tim)


Diberdayakan oleh Blogger.