Dinas Pendidikan Samosir Umumkan Siswa Lulus Olimpade Sains Nasional - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Dinas Pendidikan Samosir Umumkan Siswa Lulus Olimpade Sains Nasional

Siswa-siswi di Samosir yang lulus seleksi OSN Tingkat Kabupaten Samosir, dan siswa yang masuk SMA Unggul Del dan SMA Plus Soposurung.
PANGURURAN, JO- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir Rikardo Hutajulu, MPd mengumumkan hasil seleksi siswa yang bertarung di Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten Samosir, sekaligus mengumumkan siswa yang masuk SMA Unggul Del serta, siswa yang masuk SMA Plus Soposurung TA 2018 Kabupaten Samosir.

Pengumuman ini disampaikan Rikardo Hutajulu di lapangan SMP Negeri 1 Pangururan, Sabtu (24/3/2018) lalu.

OSN tingkat Kabupaten Samosir dilaksanakan untuk melakukan seleksi dari para siswa terbaik untuk dikirim ke OSN Tingkat Provinsi, dimana seleksi diikuti siswa terbaik dari 33 SMP Negeri dan swasta di Kabupaten Samosir.

Dari hasil seleksi yang dilakukan, didapat yang terbaik dari yang baik, dipilih tiga terbaik untuk dikirim mengikuti OSN Tingkat provinsi. Adapun bidang studi yang diseleksi adalah matematika..IPA, IPS, dan adapun yang menjadi juara pada OSN Tingkat Kabupaten Samosir kali ini.

Yaitu dibidang matematika, juara 1 SMP Swasta Budimulia, atas nama Dominikus. Juara 2. SMP Negeri 2 Simanindo atas nama Dian Natasha. Juara 3. SMP Negeri 1 Palipi atas nama. Sinta.

Untuk bidang IPA, Juara 1 SMP Negeri 1 Pangururan atas nama Putri. Juara 2 SMP swasta Bintang Samosir atas nama. Tri Putri. Juara 3 SMP swasta Budimulia atas nama Artha. Bidang IPS Juara 1 SMP Negeri 4 Simanindo, atas nama Binto. Juara 2 SMP Negeri 3 Harian, atas nama Wifoi Sriwahyuni. Juara 3 SMP Negeri 1 Pangururan.

Dalam kesempatan itu Rikardo Hutajulu menyampaikan ucapan syukur dikarenakan diterimanya putra/i terbaik Kabupaten Samosir menjadi siswa/i di SMA Unggul Del di Laguboti, dan SMA Plus Soposurung Balige.

"Seleksi berlangsung ketat diikuti siswa SMP yang berasal dari sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, dan Kabupaten Samosir meloloskan 13 orang siswanya ke SMA tersebut," kata Rikardo.

Adapun kesembilan siswa yang diterima masuk SMA Unggul Del sebanyak 9 orang diantaranya,dari SMP swasta Budi Mulia, sebanyak 5 orang dari SMP Negeri 1 Pangururan, dan sebanyak tiga orang. dan dari SMP Negeri 1 Simanindo satu orang.

Untuk yang diterima di SMA Plus Soposurung sebanyak empat orang, yakni satu orang dari SMP swasta Budi Mulia, dan tiga orang dari SMP 1 Pengukuran.

Rikardo juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir.memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada siswa kurang mampu yang berhasil lulus di SMA Unggul Del dan SMA Plus Soposurung.




"Beasiswa ini untuk menjamin anak pintar tidak terhambat pendidikannya dikarenakan biaya. Sekali lagi saya sampaikan agar prestasi -prestasi pendidikan di Kabupaten Samosir bisa meningkat dari tahun ketahun besar harapan kepada siswa/i yang lulus seleksi OSN Tingkat Kabupaten dapat nantinya berprestasi membawa harum nama Kabupaten Samosir di tingkat provinsi," sambung Rikardo.

Sebelum nantinya siswa/i terbaik ini diberangkatkan mengikuti OSN Tingkat Provinsi 21 April 2018 mendatang. mereka masih akan dibina lagi atau dibimbing kembali oleh guru-guru pemenang 1 sampai 5 besar yang di diklat oleh Yayasan Johannes Surya.

"Para siswa nantinya akan mendapatkan bimbingan secara khusus dari guru-guru tersebut. guru-guru yang akan membimbing mereka sudah dibagi tugas masing masing kelompok. dan materi yang akan diajarkan oleh mereka kepada siswa/i ini berbeda beda namun tetap satu jurusan mata pelajaran matematika," ujar Rikardo.

Adapun guru-guru yang membimbing adalah Anni Hartini Marito Sitanggang, MPd; Astati br Karo, SPd khusus mengajar Geometri. sementara Lamser Malau, ST, SPd, dan Ramayana Simbolon, SPd khusus mengajar Aljabar. Roganda Sagala, MPd, Sormin Sinaga, SPd akan mengajarkan Statistik Kombinatorik peluang. dan untuk Tupa Nainggolan, Spd berserta Tondor Samosir, SPd akan mengajar bilangan.

Seluruh guru yang akan membimbing siswa/i ini merupakan gabungan dari beberapa SMP di Kabupaten Samosir. Anni Hartini Marito Sitanggang, Mpd dari SMP Negeri 1 Simanindo. Astati br Karo, SPd dari SMP Negeri 1 Ronggurnihuta, Lamser Malau, ST SPd dari SMP Negeri 2 Pangururan. Ramayana Simbolon, SPd dari SMP Negeri 1 Pangururan, dan Roganda Sagala, MPd dari SMP Negeri 5 Satu Atap Pangururan. Sormin Sinaga, Spd dari SMP swasta Budi Mulia Pangururan,Tupa Maslin Nainggolan, SPd dari SMP Negeri 1 Sianjur Mula mula. Dan yang terakhir Tondor Samosir, SPd juga dari SMP Negeri 1 Sianjur Mula mula.

"Semoga siswa dapat mencerna ilmu pelajaran yang akan diberikan oleh guru-guru terbaik di Kabupaten Samosir ini," kata Rikardo Hutajulu.

Dia juga meyakini kemampuan Anni Sitanggang, MPd dalam membimbing siswa, apalagi ibu ini juara bertahan tiga kali berturut turut bimbingan diklat Johannes Surya. (jabs)

Diberdayakan oleh Blogger.