Ads Top

Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil saat melakukan latihan di Laut Mediterania.
JAKARTA, JO- Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Maritime Task Force (Satgas MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J/Unifil (United Nations Interm Force in Lebanon) menggunakan KRI Usman Harun-359 jenis Kapal Perang Multi Role Light Frigate (MRLF) melaksanakan latihan Mail Bag Transfer dengan Kapal Perang Brazil BRS Independencia, bertempat di Laut Mediterania, Selasa (20/3/2018).

Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, SH, MSi yang sekaligus Komandan KRI Usman Harun-359 mengatakan bahwa Mail Bag Transfer dilaksanakan dalam rangka latihan kegiatan Replenishment At Sea (pembekalan di laut) yang dilaksanakan oleh dua kapal atau lebih. “Salah satu unsurnya kapal berperan sebagai Delivering Ship atau kapal pemberi dan unsur yang lain sebagai Receiving Ship atau kapal penerima,” ucapnya.

“Kegiatan latihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan perbekalan bagi unsur kapal yang membutuhkan dukungan logistik atau bahan cair di laut dan kapal dapat tetap melaksanakan tugas di laut tanpa harus kembali ke pangkalan,” kata Kolonel Laut (P) Alan Dahlan.

Baca hotel terbaik di Paris, tulis komentarmu
Bandingkan harga hotel dan reviewnya di New York City
Baca review rental liburan di seluruh dunia
Ada apa di London? Cari hotel termurah dan nyaman disana!


Lebih lanjut Kolonel Laut (P) Alan Dahlan menyampaikan bahwa dalam latihan kali ini, terlihat salah satu personel Angkatan Laut Lebanon (LAF Navy) mengikuti gerakan prajurit KRI Usman Harun-359 yang bertugas sebagai Marsheller (juru pemberi signal) kepada BRS Independencia.

“Kegiatan personel LAF Navy di KRI Usman Harun-359 sebagai salah satu tugas pokok MTF UNIFIL untuk melatih LAF Navy agar dapat melaksanakan operasi keamanan maritim di wilayah laut teritorialnya dan melaksanakan Maritime Interm Operation (MIO) di perairan Lebanon,” ujar Komandan Satgas MTF TNI.

Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil Kolonel Laut (P) Alan Dahlan mengapresiasi kegiatan latihan bersama dengan Kapal Perang Brazil dan melatih personel LAF Navy dapat terlaksana secara bersamaan dengan baik. “Latihan ini dapat mempererat hubungan diplomasi Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Brazil dan Lebanon,” tandasnya. (jo-17)

Diberdayakan oleh Blogger.