Menlu Retno: Alhamdulillah Kunjungan Presiden Jokowi ke Afghanistan Lancar dan Aman - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Menlu Retno: Alhamdulillah Kunjungan Presiden Jokowi ke Afghanistan Lancar dan Aman

Retno Marsudi
JAKARTA, JO- Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan rasa syukurnya karena kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Afghanistan, Senin (29/1), di tengah berkecamuknya masalah keamanan di negara tersebut, berlangsung lancar dan aman.

“Kunjungan yang dilakukan selama kurang lebih enam jam tadi berlangsung dengan aman dan lancar, dan dengan hasil yang sangat baik. Sekali lagi, kita patut bersyukur alhamdulillah bahwa kunjungan Presiden ke Kabul dapat dilakukan dengan lancar dan aman,” kata Menlu dalam keterangan pers di Bandar Udara Shahjajal, Dhaka, Bangladesh, saat pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sedang transit untuk pengisian bahan bakar pesawat.

Ekspresi ucapan syukur atas perjalanan yang lancar dan aman itu, sebelumnya diungkapkan oleh Menlu Retno yang sujud syukur di pesawat bersama dengan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayor Jenderal Suhartono.

Perjalanan ke ibu kota negara Afghanistan ini memang istimewa karena kondisi saat itu Afghanistan masih berduka karena baru saja mengalami serangan bom menewaskan 103 orang, diikuti oleh serangan berikutnya pada pagi sebelum rombongan Presiden Jokowi tiba di Kabul yang menyasar akademi militer di kota itu.

Baca hotel terbaik di Paris, tulis komentarmu
Bandingkan harga hotel dan reviewnya di New York City
Baca review rental liburan di seluruh dunia
Ada apa di London? Cari hotel termurah dan nyaman disana!


Selain itu, perbedaan cuaca antara Kabul dan Jakarta yang sangat besar. Kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama delegasi Indonesia lainnya diiringi dengan hujan salju hingga di bawah 0 (nol) derajat celcius.

Cerita tentang dinginnya kondisi dan keamanan di Kabul disampaikan oleh Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung bahwa Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki, yang menggunakan selimut pesawat untuk melawan kedinginan yang dirasakan saat itu.

“Pak Teten karena tegang, lupa membawa baju utk udara dingin, dan memakai selimut pesawat utk menahan rasa dingin dan dipikir ulama dr Indonesia,” cuit Seskab Pramono Anung melalui akun Twitter-nya @pramonoanung, Selasa (30/1)

Menurut Menlu Retno Marsudi, ada beberapa isu yang dibahas dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Afghanistan itu. Tiga hal utama yang dibahas selama pertemuan adalah, pertama terkait dengan isu peace building yang diminta Presiden Ghani pada saat kunjungan ke Indonesia pada bulan April tahun lalu. (jo-2)






Diberdayakan oleh Blogger.