Kebakaran Apartemen Cinere Bellevue Bukan Human Error tapi Percikan Api di Capacitor Bank

Apartemen Cinere Bellevue
JAKARTA, JO- Apa yang menjadi penyebab kebakaran yang terjadi di Apartemen Cinere Bellevue, Depok pada 4 Oktober 2017 silam baru terungkap hari ini. Menurut pihak Polresta Depok kebakaran itu bukan karena human error atau kelalaian seperti yang diberitakan selama ini, tapi karena percikan-percikan api karena korsleting di capacitor bank di ruangan panel A1.

Penjelasan resmi itu disampaikan Kanit Reskrim Polsek Limo Iptu Wasgionodi Depok, Jumat (3/11/2017).

"Jadi penyebabnya bukan human error atau kesalahan manusia melainkan terjadi percikan-percikan api karena korsleting di capacitor bank di ruangan panel A1," kata Iptu Wasgiono.

Percikan-percikan api tersebut, kata Iptu Wasgiono, kemudian membakar kabel-kabel yang dibungkus isolasi dan menjalar ke beberapa bagian, termasuk membakar kabel alarm.

"Pada awal kebakaran, alarm ini sebenarnya nyala tetapi kemudian karena kabelnya terbakar alarm itu jadi mati," imbuh Iptu Wasgiono.

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang

Apartemen Cinere Bellevue mulai terbakar pada Rabu (4/10/2017) malam, sekira pukul 21.00 WIB. Api sempat beberapa kali muncul kembali setelah dapat dipadamkan. Terakhir api merembet dan muncul di lantai dasar mall.

Pada Kamis (5/10/2017) sekira pukul 09.00 WIB, api di lantai dasar mall dapat dipadamkan. Sekira pukul 09.30 WIB, satu per satu mobil pemadam meninggalkan lokasi. Namun proses pemadaman belum sepenuhnya usai. Sampai pukul 10.00 WIB, masih tersisa sejumlah mobil pemadam dan petugas masih menyemprotkan air ke titik pusat api di bawah basemen tiga.

Apartemen Cinere Bellevue terdiri dari dua tower dan punya fasilitas mall di bagian lantai dasar. Total hunian yang ada di dua tower 586 unit. (jo-5)



Diberdayakan oleh Blogger.