Bupati Tobasa Darwin Siagian saat pencanangan di Desa Sigapiton, Ajibata.
AJIBATA, JO- Bupati Toba Samosir (Tobasa) Ir Darwin Siagian mencanangkan Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata sebagai Kampung Keluarga Berancana (KB) di Kabupaten Tobasa. Pembentukan Kampung KB ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar manfaat Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil, dan wilayah nelayan.

Kepala Dinas Pengendalian Pendu­duk dan KB Tobasa dr.Pontas Batubara pada kegiatan Pencanangan Kampung KB di Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata Kabupaten Tobasa, Jumat (10/11/2017) lalu pencanangan ini bisa membuat Program KB bergema kembali dan menjangkau masyarakat.

"Kampung KB diharapkan akan membuat Program KB bergema kembali dan dapat menjangkau masyarakat, terutama yang berada di desa-desa, dusun-dusun dan kampung-kampung di seluruh Indonesia," ujar Pontas Batubara.

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang

Jumlah Kampung KB di seluruh Indonesia sudah mencapai 488 Kampung KB atau sekitar 95 persen dari target yang akan dicapai, yaitu 514 Kampung KB di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia. Penggarapan program pembangunan berbagai sektor terkait di Kampung KB ini diharapkan dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan fasilitas dari Kepala Desa, Penyuluh KB, PKK, Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP), tokoh masyarakat, kader serta lintas sektor terkait.


Masyarakat Ajibata menyambut Bupati Darwin Siagiaan dengan ulos.

Dikatakan, keikutsertaan masyarakat sangat didorong agar kegiatan-kegiatan prioritas pembangunan dapat terimplementasikan dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Kampung KB dibuat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam upaya peningkatkan kualitas hidupnya sehingga memiliki ketahanan dan kesejahteraan yang lebih baik.

Dengan memiliki keluarga yang berkualitas, baik dari segi jumlah ataupun dari segi pola kehidupan, diharapkan dapat menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas di masa yang akan datang. Keluarga adalah unit terkecil dari sebuah negara dan merupakan awal tempat belajar bagi anak sebagai generasi calon penerus bangsa.

“Kesadaran untuk memiliki kehidupan yang lebih berkualitas harus dapat lebih ditanamkan di masyarakat, salah satunya dengan Pencanangan Kampung KB,” pesan Pontas Batubara. (jab siagian)



Diberdayakan oleh Blogger.