TP4D Kejari Jakbar dan Kasudin Bina Marga Tinjau Pelaksanaan Proyek

Peninjauan hasil sementara pekerjaan proyek di Jakarta Barat.
JAKARTA, JO-Ketua Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Jakarta Barat (Jakbar) Teguh Ananto bersama Kasudin Bina Marga Riswan Effendi beserta jajarannya, turun ke lapangan meninjau hasil sementara pelaksanaan pekerjaan proyek di dua kecamatan di wilayah Jakbar, yakni Kecamatan Kalideres dan Cengkareng.

Teguh Ananto yang juga menjabat sebagai Kasie Intel Kejari Jakbar saat peninjauan lapangan mengingatkan bahwa pada dasarnya seluruh pekerjaan telah berjalan sesuai kontrak pekerjaan layer hotmix, saluran dan beton.

"Nantinya pada saat pembayaran,akan dilakukan pengecekan menyeluruh oleh pengawas. Tadi sudah saya kasih catatan-catatan ada beberapa perubahan, terutama lebar, ada kekurangan sisi yang sangat besar. Jadi sebelum dilakukan pembayaran agar asbuilt drawing-nya hasil dari pengecekan pekerjaan itu diserahkan kepada kami," ujar Teguh.

Teguh menjelaskan mengapa as built drawing diserahkan kepada dirinya, adalah agar TP4D Kejari Jakbar dapat memeriksa kembali serta mensinkronkan hasil pemeriksaan di lapangan yang telah diberikan catatan untuk perbaikan dengan realisasi lapangan. "Supaya pembayaran itu dilakukan bukan dari hasil perencanaan, tapi dari hasil pemeriksaan," katanya.

Menurut Teguh, inilah salah satu manfaat TP4D melakukan pencegahan. Pihaknya melakukan pengecekan lapangan bersama-sama dengan Sudin Bina Marga Jakbar ,tujuannya agar tidak terjadi kerugian negara.

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang

Dikatakan, pemeriksaan ini belum menimbulkan potensi kerugian negara.“Ini ‘kan belum proses pembayaran. Nanti ketika akan dilakukan proses pembayaran maka disesuaikan dengan hasil pengecekan (as built drawing). Sebagai kontrolnya, saya selaku Ketua TP4D minta as built drawing-nya, apakah as built drawingnya itu telah sesuai dengan catatan-catatan saya? Inilah manfaatnya TP4D, kita lakukan pencegahan,” tegas Teguh Ananto.

Kasudin Bina Marga Riswan Effendi mengatakan,peninjauan yang kami lakukan bersama Tim TP4D,bukan karena ada temuan pekerjaan yang tidak sesuai,tapi supaya dapat mencegah kerugian negara,penyerapan anggaran berjalan maksimal.

Adanya perbedaan lebar jalan pada gambar perencanaan dan lebar yang dilaksanakan di lapangan, karena ada rencana pembuatan saluran.

"Nanti akan dibuatkan gambar asbuilt drawing sesuai yangg dilaksanakan di lapangan sebagai dasar untuk pembayaran," ujar Riswan.

Dikatakannya, gambar perencanaan belum tentu dapat dilaksanakan/direalisasikan di lapangan, nanti ada tim PHO yang akan mengukur detail luasan pekerjaan yang telah dilaksanakan oleh pelaksana (vendor).

"Setiap pekerjaan akan dilakukan final quantity, kalau volume kurang pembayaran ke vendor akan dipotong.Yang dibayarkan ke vendor sesuai volume yang telah dilaksanakan di lapangan," tandasnya.

Lokasi proyek yang ditinjau bersama Tim TP4D bersama jajaran Sudin Bina Marga Jakbar. diantaranya pekerjaan peningkatan jalan di Kecamatan Kalideres dan Cengkareng.Kemudian pekerjaan saluran lingkungan dan layer hotmix di Kecamatan Kalideres dan Cengkareng. (jo-6)

Diberdayakan oleh Blogger.