Indonesia Tolak Akui Kemerdekaan Catalonia dari Spanyol

Demo untuk  mendukung kemerdekaan Catalonia.
JAKARTA, JO- Indonesia menyampaikan sikap terkait kemerdekaan Catalonia dari Spanyol. Seperti disampaikan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Indoonesia menolak mengakui kemerdekaan itu.

Seperti disampaikan Menlu RI Retno LP Marsudi di Jakarta, Sabtu (28/10/2017), bagi Indonesia Catalonia adalah bagian tidak terpisahkan dari Spanyol.

"Indonesia tidak mengakui pernyataan sepihak kemerdekaan Catalonia," kata pernyataan dari Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi seperti dilansir pada laman resmi Twitter Kementerian Luar Negeri di Jakarta.

Menurut Menlu Retni, Catalonia sebagai bagian dari wilayah Spanyol. "Catalonia adalah bagian integral Spanyol. Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Catalonia," tulis Menlu Retno.

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang

Catalonia menyampaikan deklarasi kemerdekaan sepihak setelah wilayah tersebut mengadakan referendum penentuan nasib sendiri pada 1 Oktober lalu.
Namun, referendum tersebut dinyatakan tidak sah oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol, karena melanggar konstitusi Spanyol.

Selain Indonesia, Jerman juga sudah menyampaikan sikap yang sama yakni menolak mengakui kemerdekaan Catalonia.

Pemerintah Jerman telah menyatakan dukungan kepada pemerintah Spanyol dalam sengketanya separatis di Catalonia. Jerman pun menyatakan tidak akan mengakui deklarasi kemerdekaan yang disampaikan parlemen Catalonia. (jo-4)


Diberdayakan oleh Blogger.