Pertama Kalinya Distrik Menyamur Mappi Terima Pelayanan Kesehatan

Pelayanan kesehatan Ekspedisi NKRI di Kabupaten Mappi.
JAKARTA, JO- Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi melakukan pengobatan massal secara gratis di Kampung Sumur Aman, Distrik Menyamur Kabupaten Mappi pada Sabtu (16/9).

Selama empat hari sejak Rabu (13/9) Tim Ekspedisi telah tiba di kampung Sumur Aman. Tim Ekspedisi NKRI menempuh 5 jam perjalanan laut menggunakan 2 buah speedboat dan 1 buah kapal belang ke Kampung Sumur Aman untuk membawa Tim Ekspedisi NKRI beserta perlengkapan kesehatan. Kampung Sumur Aman merupakan satu dari 12 kampung yang berada di Distrik Menyamur yang dihuni oleh 60 KK dengan 200 jiwa penduduk yang terdiri dari orang tua dan anak-anak.

Komandan Subkorwil-2/Mappi Kapten Inf Pardol beserta Wen (43 tahun) selaku Kesbangpol pemerintahan Kabupaten Mappi mengatakan bahwa," Tim Ekspedisi NKRI sebelumnya melakukan observasi terlebih dahulu ke distrik Menyamur, dari 12 kampung yang dikunjungi, kampung Sumur Aman merupakan kampung yang paling membutuhkan pelayanan kesehatan".

Hal ini disebabkan karena 2 bulan sebelumnya banyak masyarakat kampung Sumur Aman yang terkena wabah muntaber dan mengidap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA). Selain itu, pola hidup masyarakat yang masih kurang sadar akan kesehatan adalah penyebab munculnya wabah-wabah penyakit yang merugikan kesehatan masyarakat.

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang

Tim Ekspedisi NKRI membawa lima orang tim kesehatan yakni Kapten Ckm Denny Ganap, Letda Ckm (K) dr.Prima HY , Serda Mardika, Herlan Erari Amd. Kep dan Wulan Tridianti Amd.Keb .Tim kesehatan ini dibantu oleh 20 orang personil Ekspedisi NKRI dikarenakan banyaknya jumlah masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.Selain melakukan pengobatan massal secara gratis, Tim Ekspedisi NKRI juga membagikan Biskuit MP ASI, Biskuit untuk Ibu Hamil dan Biskuit anak sekolah , untuk membantu pemenuhan gizi masyarakat.

Hermanus Djula S.Ip (41 tahun) selaku Kepala Distrik Menyamur, menyampaikan, "Pengobatan massal ini merupakan kegiatan pelayanan kesehatan pertama sekali di distrik menyamur, apalagi kampung sumur aman".Kedatangan Tim Ekspedisi NKRI membuat tumbuhnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, dapat dilihat saat senja anak-anak mulai mandi menggunakan sabun, orang tua mencuci sudah mulai menggunakan sabun cuci.

Kepala Distrik Menyamur juga menyampaikan harapannya kepada Tim Ekspedisi NKRI, bila masih ada kegiatan ekspedisi lagi agar tidak lupa untuk datang lagi ke distrik Menyamur untuk membina masyarakat tentang pola hidup sehat. Selain melakukan pengobatan massal secara gratis, Tim Ekspedisi NKRI juga menggelar nonton bareng bersama masyarakat film-film nasional setiap malam, dan Program kegiatan revolusi mental kepada anak-anak sekolah setiap sore.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia.

Ekspedisi NKRI merupakan kegiatan yang dilaksanakan TNI dengan menunjuk Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) sebagai Komandan Ekspedisi NKRI untuk bekerjasama antara pemerintah pusat dan daerah, beserta segenap komponen bangsa dalam menjaga kelestarian alam. Materi yang dilaksanakan pada Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 adalah serbuan teritorial atau pengabdian masyarakat, penelitian, dan penjelajahan.(jo-17)



Diberdayakan oleh Blogger.