Jakarta Pusat dan Jakarta Utara Lolos Verifikasi Kota Sehat

Ilustrasi
JAKARTA, JO- Jakarta Pusat dan Jakarta Utara lolos verifikasi dokumen Kota Sehat, berdasarkan penilaian Tim Verifikasi Lapangan Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dua kota di DKI Jakarta ini dinyatakan lolos karena dinilai telah memenuhi indikator sebagai Kota Sehat.

Menurut Ketua Tim Verifikasi Lapangan Kota Sehat dari Kemenkes Donal Simanjuntak di Jakarta, Senin (25/9/2017), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengirimkan enam wilayah untuk dinilai sebagai Kota Sehat. Namun dari enam wilayah tersebut hanya dua kota tadi yang lolos verifikasi dokumen.

"Yang sudah kami putuskan dua kota yang dilakukan kunjungan verifikasi lapangan tahun ini. Masing-masing Jakarta Utara dan Jakarta Pusat," ujarnya.

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang

Ada sembilan indikator yang menjadi penilaian, diantaranya tatanan sarana dan prasarana, tatanan tertib lalu lintas, tatanan pangan dan gizi, tatanan hidup sehat, tatanan sosial, serta tatanan pariwisata. Dua indikator lainnya yakni pertambangan dan kehutanan sehat tidak masuk di Jakarta.

"Jadi hanya ada tujuh saja yang di Jakarta," ucapnya.

Menurutnya, kota yang lolos ke tahapan berikutnya minimal telah menyelenggarakan lima indikator yang ada. Penilaian ini sifatnya untuk memberikan penghargaan kepada pemerintah yang telah menyelenggarakan Kota Sehat.

Sementara Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda DKI Jakarta Catur Laswanto mengatakan, kepada tim verifikasi ini pihaknya memaparkan beberapa program yang telah dijalankan seperti pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), rumah susun (rusun), saran olahraga dan pendidikan serta lainnya.

"Kami ingin jadi yang terbaik. Saya yakin Pemprov sudah melakukan kebijakan terkait dengan pembangunan kota," ucapnya.

Menurut Catur, penilaian tim verifikasi ini akan dilakukan dari berbagai aspek. Karena itu, pengembangan Jakarta juga dilaksanakan dari aspek-aspek yang berhubungan dengan kesehatan.(jo-3)


Diberdayakan oleh Blogger.