Perampokan Nasabah Bank Modus Kempis Ban di Bekasi, Dua dari Empat Pelaku Ditangkap

Dua dari empat tersangka yang sudah ditangkap polisi.
BEKASI, JO- Dua dari empat pelaku perampokan uang nasabah dengan modus kempis ban di Kabupaten Bekasi berhasil ditangkap jajaran Satreskrim Polres Metro Bekasi. Penangkapan itu terkait perampokan yang mereka lakukan terhadap nasabah di depan Ruko Central Niaga Square, Simpangan, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi beberapa waktu lalu.

Informasi yang dihimpun Jumat (25/8/2017), penangkapan Charlye Bonek, 34; dan Angga Junika, 26, dilakukan di lokasi berbeda, sedangkan dua pelaku yang masih buron berinisial E dan I.

Seperti dijelaskan Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Asep Adisaputra, para pelaku memiliki peran masing-masing. Tersangka Charlye berperan memberikan informasi dan ciri-ciri korbannya itu ke rekannya yang sudah menunggu di luar bank. Saat mobil korban berhenti karena macet atau di lampu lalu lintas, diam-diam Edo menancapkan sebuah busi yang telah dimodifikasi di sandal jepitnya. Seketika ban mobil korban kempis dan pelaku lainnya Angga memberitahukan hal itu ke korban.

"Korban kemudian berhenti untuk mengecek ban mobilnya. Di saat itulah E dan I mengambil uang korban yang disimpan di dalam mobil lewat pintu lain," ujar Kapolres.

Setelah menggasak uang korban, kata Kapolres, tersangka melarikan diri. Setidaknya sudah ada tujuh lokasi kejadian yang mereka lakukan sejak bulan Desember 2016 lalu."Kelompok mereka terorganisir dengan memiliki perannya masing-masing saat mencuri uang nasabah," jelasnya.

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Bekasi AKBP Rizal Marito menambahkan, sebetulnya polisi telah memetakan pola pencurian mereka.Bahkan saat tersangka Angga, E dan I melancarkan aksinya, polisi menangkap Charlye di dalam bank.

"Pertama kita amankan Charlye dulu saat dia memberikan aba-aba ke rekannya," kata AKBP Rizal.

Kepada polisi, tersangka Charlye kemudian membeberkan soal identitas rekannya yang lain. Dari penyidikan itu, polisi berhasil melacak tersangka Angga saat hendak boarding pass di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Tersangka A hendak kabur ke kampung halamannya di Bengkulu. Sementara dua pelaku lainnya masih dicari," ujar AKBP Rizal.

AKBP Rizal mengatakan, perbuatan mereka sangat meresahkan para nasabah bank. Untuk itu, Rizal mengimbau kepada nasabah yang ingin menarik uang dalam jumlah banyak, sebaiknya minta pengawalan kepolisian. Pencuri bakal berpikir dua kali, bila nasabah minta pendampingan polisi dalam menarik uang banyak.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor Supra X 125 cc B 6853 CAJ, dua unit ponsel dan dua pasang kaus yang dikenakan tersangka. Sementara sebuah sandal yang dimodifikasi untuk menancapkan busi ke ban mobil korban, masih berada di tangan E.

"Tersangka E merupakan ketua dari kelompok ini sekaligus eksekutor uang nasabah," jelasnya. (jo-9)

Diberdayakan oleh Blogger.