Operasi Binduk (Ilustrasi)
JAKARTA, JO- Ratusan pendatang baru di Jakarta terjaring dalam Operasi Bina Kependudukan (Binduk) yang dilakukan gabungan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di sejumlah wilayah di DKI Jakarta.

Seperti yang dilakukan di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat di sekitar Jalan Kembang, Rawa Lele, Kamis (3/8/2017), yang berhasil menjaring 234 orang pendatang baru, yang kemudian diberikan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS).

Menurut Camat Kalideres Supriyadi, 234 pendatang baru yang mendapat SKDS tersebut terdiri dari 105 pria dan 129 perempuan. Mereka umumnya tinggal di kamar kos dan rumah kontrakan.

"Sebanyak 234 warga pendatang baru terdiri dari 105 pria dan 129 perempuan kami buatkan surat keterangan domisili sementara," kata Supriyadi.

Kepala Seksi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Kalideres, Agus Suryono menambahkan operasi binduk akan digelar di sejumlah permukiman warga yang menjadi kantong pendatang baru.

"Operasi binduk sebatas memberikan pelayanan administrasi kependudukan dengan membuat SKDS bagi pendatang baru yang tinggal di rumah kos atau kontrakan," tandasnya.




Sebelumnya, operasi yang sama juga digelar di Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Di sini, petugas menemukan sebanyak 696 orang tidak memiliki KTP DKI Jakarta.

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Utara Erik Polim Sinurat mengatakan operasi binduk dilakukan pada Rabu (26/7), pukul 17.00-23.00 WIB di dua RW dengan sistem door to door. Operasi binduk dilakukan dalam rangka pendataan pendatang baru yang tidak ber-KTP DKI agar tertib administrasi kependudukan.

"Hasilnya kami menemukan 696 orang yang tidak memiliki identitas atau KTP DKI," ujarnya

Mereka umumnya pendatang baru yang kebanyakan bekerja di kawasan KBN Cakung. Selanjutnya mereka diberikan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS).

Erik juga menyampaikan selain melakukan operasi binduk, pihaknya juga melakukan pelayanan perekaman e-KTP pada 22 warga dan cetak Kartu Keluarga sebanyak 10 KK. (jo-8)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.