Kapushidrosal Ingin Pushidrosal Menjadi Lembaga Hidrografi Berkelas Dunia

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro
JAKARTA, JO- Kepala Pusat Hidrorafi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro menginginkan Pushidrosal yang merupakan Lembaga Hidrografi nasional menjadi lembaga Hidrografi berkelas dunia.

Hal tersebut dikatakan dalam sambutannya pada apel khusus di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Kamis (10/8). Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Trismadi, para pejabat utama, perwira, bintara serta ASN di jajaran Pushidrosal.

Menurut Kapushidrosal lebih lanjut, sesuai dengan tugas dan fungsi serta sebagai bagian dari amanat nasional dalam penyelenggaraan fungsi kelembagaan Hidrografi Nasional, Pushidrosal terus berupaya meningkatkan peran dan kiprahnya baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.




Keinginan ke arah itu sudah dirintis Pushidrosal yang merupakan representasi Pemerintah Republik Indonesia di kancah internasional dalam bidang hidrografi. Melalui sidang International Hydrographic Organization (IHO) yang diselenggarakan di Monaco pada bulan April 2017, status keanggotaan Pushidrosal telah ditingkatkan dari anggota biasa menjadi anggota dewan, yang secara resmi akan dikukuhkan pada sidang IHO pada bulan Oktober 2017.

Sementara itu, berkaitan dengan perairan Indonesia pada sisi barat dan selatan merupakan bagian dari Samudera Hindia, menjadi penting bahwa Indonesia sebagai negara yang termasuk dalam kawasan Samudera Hindia untuk dapat meningkatkan kapasitas dan eksistensinya. Oleh sebab itu pushidrosal sebagai lembaga hidrografi nasional mengajukan proposal untuk menjadi anggota North Indian Oceans Hydrographic Commission (NIOHC) mewakili pemerintah republik indonesia. Melalui sidang yang ke-17 NIOHC yang diselenggarakan di Kairo Mesir, Indonesia secara resmi disetujui dan masuk menjadi anggota tetap NIOHC.

Sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, Pushidrosal merupakan representasi legal dan wakil pemerintah RI dalam keanggotaan resmi organisasi internasional yaitu International Hydrographic Organization (IHO) yang berkedudukan di Monaco dan sekaligus sebagai anggota Komisi Hidrografi Asia Timur atau East Asia Hydrographic Commission (EAHC). Selain itu menjadi anggota delegasi pemerintah RI di beberapa organisasi internasional di bidang hidrografi, oseanografi dan navigasi pelayaran seperti International Maritime Organization (IMO), Inter­government Oceanographic Commision (IOC), United Nations Conference on Standardization of Geographical Names (UNCSGN) serta United Nations Group of Experts on Geographical Names (UNGEGN).(jo-17)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.