Pengamat Kepolisian: Harus Ada Tindakan Tegas Kasus Indisipliner Polisi di Simalungun

Bambang Widodo Umar
JAKARTA,JO - Pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar mengatakan kelakuan yang sangat memalukan yang dipertontonkan oleh oknum anggota polisi di Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) harus ditindaklanjuti. Polisi, kata dia, seyogyanya mengayomi dan melindungi masyarakat.

Hal itu disampaikan Bambang Widodo Umar terkait berita kelakukan Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan kepada salah seorang pengunjung hiburan malam, kritis setelah dicekoki minuman keras (Miras) oleh Marudut.

"Menghadapi kasus seperti di Simalungun dan kasus indisipliner polisi, yang dilakukan oleh bawahan maupun atasan seharusnya sama, ditindak tegas," ujar Bambang kepada wartawan, Minggu (16/7/2017).

Lebih lanjut, dosen pascasarjana kajian ilmu kepolisian Universitas Indonesia ini menerangkan, jangan sampai hanya diserahkan ke pimpinan tapi tanpa adanya sanksi.

"Jangan sampai hanya diserahkan ke pimpinan bawahan tapi tidak ada tindakan apa-apa," tegasnya.




Ditambahkannya lagi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) seharusnya menjalankan tupoksinya untuk mendukung profesionalitas Polri.

"Saya amati (Kompolnas) seperti menjadii disfungsi, bukan mengawasi aktifitas polisi tapi malah menjadi semacam corong untuk pembenaran langkah polisi yang diduga menyimpang," terangnya.

Sehingga menurut Bambang, Kompolnas harus insyaf. "Sebab ini keliru, Kompolnas semestinya kembali pada fungsi sebagai pengawas kepolisian secara obyektif. Jangan bertindak subyektif," pungkas Bambang.

Ditempat terpisah, saat dihubungi wartawan, mewakili unsur masyarakat dan ahli hukum dari Universitas Padjadjaran, Dr. Indra Perwira turut menyayangkan kejadian tersebut. Menurut Indra Polisi seharusnya menjaga semangatnya sebagai pengayom masyarakat.

"Prinsipnya adalah semangat dan contoh. Yaitu sebagai teladan dan menjaga keamanan keselamatan seluruh lapisan masyarakat. Harus ada klarifikasi dan tindakan dari pimpinan pusat dari yang telah dilakukan Kapolres Simalungun," tegas Indra.

Sebagaimana kabar sebelumnya, video di Youtube yang telah menjadi viral, Hermanto Purba alias Bobby dicekoki miras oleh AKBP Marudut Liberty Panjaitan, Rabu (12/7/2017) dini hari. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.