Bahas Marawi, Menhan RI, Malaysia, Filipina, Singapura dan Brunei Bertemu di Tarakan

Ryamizard Ryacudu
JAKARTA, JO - Lima menteri negara anggota ASEAN akan mengadakan pertemuan khusus membahas perkembangan di Marawi, Filipina, Pertemuan akan dilakukan di Tarakan, Kalimantan Utara pada 19 Juni 2017 mendatang.

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

"Perkembangannya akan kita bahas 19 Juni kumpul Menhan Malaysia, Filipina, Indonesia, Singapura, dan dengan Brunei di Tarakan," kata Ryamizard.

Selain membicarakan soal perkembangan, juga menjadi momentum untuk menunjukkan bahwa Indonesia telah siap menghadapi kelompok tersebut.

"Biar tahu, kalau ada apa-apa kita sudah siap," tegas Ryamizard.

Hari ini, di kantor Menko Polhukam, Menko Polhukam Wiranto memimpin rapat koordinasi terkait terorisme di Indonesia dan konflik Marawi Filipina di Sulawesi Utara. Rapat ini diikuti Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Gubernur Sulut sendiri sudah menetapkan siaga satu di wilayah kerjanya terkait ancaman masuknya kelompok militan Islamic State (ISIS). Namun, Menhan Ryamizard Ryacudu berbeda pendapat. Status itu belum terlalu dibutuhkan.

"Belum dulu. Saya mengerti masalah ISIS, saya dapat informasi dari mana-mana. Jadi belum (siaga) dulu. Waspada boleh-boleh saja, tak usah pakai siaga-siagaan lah," katanya.




Ryamizard menegaskan, pertemuan itu hanyalah bagian dari seperti apa perkembangan keadaan di negara masing-masing menghadapi ISIS.

Sementara itu, Menko Polhukam Wiranto menyebutkan, Sulawesi Utara berbatasan dengan Filipina, maka secara bersama-sama harus melakukan langkah koordinasi dalam membendung kemungkinan terobosan dari ISIS masuk Sulut.

Wiranto menjelaskan, ancaman terorisme terhadap keamanan Indonesia mengalami perubahan. "Dulu ancamannya invasi dari negara lain namun sekarang ancamannya terorisme dan radikalisme. Ini harus dihadapi bersama oleh semua negara," ujar dia.

Wiranto menambahkan, karena berdampak buruk terhadap keamanan negara, maka terorisme ISIS merupakan musuh bersama. (jo-2)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.