Polda Metro Jaya Memusnahkan Sabu 117,43 kilogram, Ekstasi 228.978 Butir

Kapolda Metro Jaya saat pemusnahan narkoba berbagai jenis.
JAKARTA, JO - Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya memusnahkan barang bukti narkotika sabu 117,43 kilogram, ekstasi 228.978 butir, ganja 2,057 kilogram dan narkotika jenis lainnya di Polda Metro Jaya.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta mengatakan barang bukti narkoba yang dimusnahkan itu mempunyai daya rusak yang tinggi dan dapat mengakibatkan jatuhnya korban penyalahguna narkoba sebanyak 971.138 orang.

Kombes Nico Afinta mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan menggunakan alat insinerator itu disita dari pengungkapan 19 kasus narkoba pada Januari-Februari 2017.

"Kami melakukan pemusnahan barang bukti sebanyak sabu 117,43 kilogram, ganja 2,057 kilogram, ekstasi 228.978 butir, serbuk bahan ekstasi 15 kilogram, obat-obatan golongan IV 22.360 butir, bahan dasar tembakau gorila 350 kilogram, dan tembakau cap gorila 9,77 kilogram," ujar Kombes Nico Afinta di Polda Metro Jaya, di Jakarta, Kamis (2/3).

Selain menyita barang bukti, polisi juga menangkap 20 tersangka. Para tersangka terdiri dari beberapa warga Indonesia dan warga asing.




"Ada dua warga negara asing, satu warga negara Taiwan dan satu warga negara Cina. Sisanya 18 orang warga negara Indonesia," ungkapnya.

Menurut Kombes Nico Afinta, hasil kinerja Ditresnarkoba Polda Metro Jaya ini tidak terlepas dari kerja sama dengan seluruh komponen baik internal Polri, maupun internal Polri. Pihaknya menyadari koordinasi antar-lembaga sangat penting dalam memerangi narkoba.

"Kami banyak dibantu Direktorat IV Mabes Polri, BNN, dan banyak juga masukan dari masyarakat. Ada di website kami masuk informasi dari masyarakat yang kami analisa dan kembangkan," tuturnya.

"Atas izin Bapak Kapolda (Irjen Pol M Iriawan), kami telah berkoordinasi baik di dalam Polri maupun di luar Polri. Seperti dengan Bea Cukai, Imigrasi, pihak perbankan, dan PPATK. Kemudian, keluar kami melakukan koordinasi dengan kepolisian Malaysia, Singapura, Taiwan, Cina, dan Australian Federal Police. Di mana banyak kami mendapatkan informasi perkembangan narkotika jenis baru serta modus operandi yang dilakukan para tersangka," paparnya.

Ia berharap, pemusnahan barang bukti narkoba ini dapat menjadi momentum dalam memerangi narkotika ke depan. "Jadi momentum untuk tetap dan berkelanjutan dalam memerangi narkoba," harapnya.

Acara pemusnahan barang bukti ini turut dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan, pejabat Polda Metro Jaya, perwakilan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Badan Narkotika Nasional, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, dan sejumlah elemen organisasi anti-narkotika. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.