Plt Gubernur Pantau Ciliwung, Normalisasi Dikebut Capai 58 Persen Tahun Ini

Sumarsono
JAKARTA, JO- Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono melakukan penelusuran Ciliwung, Kamis (30/3/2017) hari ini, Kegiatan itu dilakukan memperingati Hari Air Sedunia tahun ini.

Kegiatan susur Sungai Ciliwung menggunakan perahu karet dimulai dari Jembatan Gedong di Jalan TB Simatupang hingga Pintu Air Manggarai sepanjang sekitar 22 kilometer.

Dalam kegiatan tersebut, pria yang akrab disapa Soni ini didampingi sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta, Kodam Jaya dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).

Soni mengatakan, selain untuk memperingati Hari Air Sedunia, kegiatan susur sungai ini juga dilakukan untuk memastikan program normalisasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan BBWSCC telah berjalan.

"Kami mau pastikan normalisasi sudah berjalan," katanya di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan.




Ia menyampaikan, pihaknya akan membangun turap sepanjang 700 meter di aliran Sungai Ciliwung pada April 2017 mendatang.

Pada bagian lain, Sumarsono menyebut, normalisasi Ciliwung yang disertai dengan penghijauan bukan mustahil nanti Ciliwung bisa dimanfaatkan sebagai sarana transportasi air.

Namun pelestarian sungai memerlukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Selain itu, Pemprov DKI juga telah bekerja sama dengan daerah penyangga untuk membahas isu-isu strategis terutama pelestarian alam.

Menurutnya, seluruh aliran sungai yang masuk ke Jakarta dikendalikan oleh UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup dikoordinasikan dengan kementerian terkait. Sebab, Sungai Ciliwung alirannya lintas provinsi dan daerah.

Normalisasi Sungai Ciliwung di DKI Jakarta hingga kini sudah mencapai 42 persen. Proses normalisasi akan terus dikebut agar mencapai 58 persen tahun ini. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.