Kapolri Minta Humas Polda Seluruh Indonesia Diperkuat

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
JAKARTA, JO - Kapolri menyampaikan Divisi Humas di seluruh Kepolisian Daerah (Polda) di Indonesia harus ditingkatkan untuk memperkuat citra Polri. Pejabat dan staf humas akan diisi oleh figur yang kompeten.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian berpesan kepada jajaran humas Polri untuk terus meningkatkan kepercayaan publik (public trust). Untuk mewujudkannya, ada tiga hal yang harus dilakukan, yakni perbaikan kinerja, kultur, dan pengelolaan media.

"Contoh kasus penyanderaan Pondok Indah dan kasus Pulo Mas yang bisa diungkap dan hasilnya happy ending, maka itu membuat citra polisi naik. Tetapi di Jember, ada Brimob (menembak mati), polisi kena (getahnya)," ujar Tito di Mabes Polri, Rabu (15/3).

Menurut Tito jajaran humas Mabes Polri untuk terus menjalin kerja sama dengan media massa nasional. Selain itu, sarana dan prasarana berbasis teknologi informasi (TI), serta kapasitas personel humas, harus terus ditingkatkan.

"Problemnya kan kualitas personel kehumasan. Inginnya orang yang masuk humas itu yang right man. Perlu dibangun agar teman-teman termotivasi untuk masuk humas. SDM sedang adakan perekrutan khusus untuk masuk humas dari sarjana/diploma," kata Tito.

Tito ingin agar jajaran humas bukan hanya menjadi juru bicara, tetapi juga menjadi playmaker yang mampu mengarahkan pemberitaan. Humas diharapkan menjadi kingmaker hubungan dengan media massa. Berbagai langkah perbaikan ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Di tengah derasnya berita media sosial (medsos), kata Tito, peran media massa sangat penting. Humas Polri perlu memperbaiki manajemen media agar hubungan dengan media semakin baik. Hal itu dilakukan bukan untuk menùtup berita buruk, melainkan untuk menyajikan berita sesuai fakta dan opini yang membangun.

"Kadiv Humas tidak lagi sekadar spokesperson atau juru bicara, melainkan harus menjadi kingmaker," ungkap Kapolri.

Dengan menjadi kingmaker, lanjut Tito, Kadiv Humas ikut memengaruhi isu-isu penting yang diangkat media massa. Isu penting yang diangkat media massa ikut memengaruhi opini publik dan citra Polri.

Pada kesempatan itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyerahkan penghargaan kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya dan sejumlah pemimpin redaksi media massa yang selama ini sudah terbukti menjadi mitra Polri. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.