Pria Nigeria Mengaku Tentara AS Tipu Wanita PNS, Rp80 Juta Pinjaman Lenyap

Ilustrasi
JAKARTA, JO - Para wanita Indonesia perlu diingatkan untuk hati-hati dengan penipuan lewat media sosial seperti Facebook. Jangan sampai terjerat pria warga negara Nigeria bernama Nwuanko Ebukayang mengaku-ngaku di Facebook sebagai tentara Amerika Serikat untuk mempedayai lawan jenisnya dengan motif menipu.

Informasi yang dihimpun, Senin (23/1/2017), modus penipuan tersangka berkenalan dengan korban yang adalah seorang PNS, dan mengaku bernama Otto Perez, sebagai tentara Amerika Serikat yang sedang bertugas di Afganistan. Tersangka mengenal korban melalui facebook sejak awal Januari 2017.

Dalam perkenalan itu, tersangka mengaku sebagai tentara AS dan hendak menitipkan uang miliknya sebesar 1,5 juta dolar AS, kepada korban.

"Korban diiming-imingi akan diberikan fee sebesar 300 ribu dolar AS," imbuh AKBP Hendy.

Karena tergiur kemudian korban mengikuti perintah tersangka. Korban sempat dihubungi oleh seorang perempuan yang mengaku sebagai petugas bea cukai Bandara Ngurah Rai, Bali, yang memintanya mengirimkan uang agar paket uang dari tersangka bisa segera dikeluarkan.

Setelah mengirim sejumlah uang, korban kembali diminta untuk mentransfer kembali. Sampai akhirnya korban mengirimkan uang sebanyak tiga kali dengan nilai total Rp 80 juta.




"Korban ditipu daya sedemikin rupa sehingga mengalami kerugian Rp 80 juta. Uang tersebut merupakan uang pinjaman korban dari koperasi," kata dia.

Tapi penipuan gaya lama si pria Nigeria ini berhasil diketahui polisi. Petugas Unit I Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya kemudian melakukan penangkapan Nwuanko Ebuka di sebuah mall kawasan Jakarta Utara, Jumat (20/1/2017).

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan mengatakan tersangka Ebuka ditangkap tim Unit I Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Kompol Hendro Sukmono di kawasan Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Jumat (20/1/2017) lalu. Pihak kepolisian berhasil menyita uang puluhan juta rupiah sisa kejahatan pelaku.

"Kami menyita sejumlah barang bukti di antaranya uang tunai Rp 21,5 juta yang diduga sisa hasil kejahatan, berikut sejumlah kartu ATM dan rekening tabungan serta handphone dan perhiasan emas," kata AKBP Hendy di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (22/1/2017). (jo-5)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.