Ads Top

Laporan Qlue: Kelurahan Rawa Badak Selatan dan Kecamatan Mampang Prapatan

Laporan kategori label
JAKARTA, JO - Aplikasi Qlue merilis ranking periode kinerja pemerintah dan swasta untuk periode Oktober - Desember 2016 khusus untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta. Ranking ini rutin diumumkan setiap periodenya secara terbuka, berdasarkan laporan masyarakat dan tindak lanjut pemerintah dengan penghitungan poin melalui sistem.

Versi Qlue, kelurahan terbaik dalam pelaporan terkait permasalahan di wilayahnya, adalah Kelurahan Rawa Badak Selatan, sementara yang terbawah adalah Kelurahan Duri Kepa. Untuk kecamatan, kecamatan terbaik adalah Kecamatan Mampang Prapatan, sedangkan kecamatan terbawah adalah Kecamatan Grogol Petamburan.

Qlue dikenal sebagai sebuah aplikasi pelaporan warga kepada pemerintah dan swasta, tidak hanya itu Qlue Neighborhood versi baru telah berkembang menjadi sarana untuk mempererat warga dengan lingkungan sekitarnya. Warga bisa saling berinteraksi dengan tetangga terdekat di satu kelurahannya, sekaligus lapor kepada pemerintah dan swasta.

Ranking ini rutin diumumkan setiap periodenya secara terbuka, berdasarkan laporan masyarakat dan tindak lanjut pemerintah dengan penghitungan poin melalui sistem.

Data laporan ranking ini diterima oleh pemerintah setiap 3 bulan sekali sebagai salah satu bahan evaluasi kinerja aparat pemerintah. Disamping itu, masyarakat juga dapat menilai kinerja aparat pemerintah yang pada akhirnya dapat menumbuhkan kepercayaan terhadap birokrasi di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.




“Data yang kami rilis ini merupakan data yang di dapatkan dari sistem Qlue. Kami merilis data ini secara rutin (3 bulan sekali) sebagai bentuk pertanggungjawaban kami kepada pemerintah provinsi DKI Jakarta yang bersedia mewujudkan keterbukaan dan transparansi kinerja kepada publik. Selain itu, data ini juga ditujukan kepada masyarakat agar dapat memantau, mengawasi, dan menilai kinerja aparat pemerintah secara real time terkait pelayanan pemerintah kepada publik,” ungkap Elita Yunanda selaku Marketing Communications Manager QLUE Indonesia.

Berikut daftar ranking pemerintah teratas dan terbawah urutan 1-2-3 periode Oktober - Desember 2016 :

Kelurahan Terbaik

Kelurahan Rawa Badak Selatan : 85 poin
Kelurahan Tugu Utara : 83 poin
Kelurahan Cijantung : 82 poin

Kelurahan Terbawah

Kelurahan Duri Kepa : 46 poin
Kelurahan Kebun Jeruk : 49 poin
Kelurahan Roa Malaka : 50 poin

Kecamatan Teratas

Kecamatan Mampang Prapatan : 77 poin
Kecamatan Cilandak : 74 poin
Kecamatan Makasar : 74 poin

Kecamatan Terbawah

Kecamatan Grogol Petamburan : 57 poin
Kecamatan Tambora : 59 poin
Kecamatan Kebun Jeruk : 59 poin

Kota Administrasi Dari Urutan Teratas - Terbawah

Jakarta Timur : 68 poin
Jakarta Pusat : 67 poin
Jakarta Selatan : 66 poin
Jakarta Utara : 65 poin
Jakarta Barat : 61 poin
Dinas Pemerintah Teratas
Dinas Kebersihan : 22.584 poin
Dinas Perhubungan : 17.748 poin
Transjakarta : 10.924 poin

Staf Pemerintah Teratas dengan username sebagai berikut:

Alamsah - Lurah Cililitan : 1.708 poin
Bangjalili - Staf Transjakarta : 1.565 poin
Jamharihn - Dinas Perhubungan : 1.497 poin

Sedangkan, kategori Swasta Dengan Review Negatif Terbanyak Di Qlue didominasi oleh isu/label menyoal saluran kabel dan kelistrikan, telekomunikasi serta penyediaan air bersih dan sanitasi.

Dengan berakhirnya periode 2016 kita dapat melihat perbandingan data laporan yang masuk melalui aplikasi Qlue sebanyak 134.630 di tahun 2015 sedangkan untuk tahun 2016 Qlue menerima jumlah laporan ke pemerintah sebanyak 479.353 laporan dengan tingkat tindak lanjut sebanyak 80% dari seluruh laporan yang masuk.

Terjadinya lonjakan jumlah laporan ini mengindikasikan bahwa partisipasi publik semakin meningkat seiring dengan tingkat kecepatan respon dari pemerintah. Adapun 10 besar kategori laporan di Jakarta tahun 2016 masih didominasi oleh isu Sampah sebanyak 18 persen; Pelanggaran 15,9 persen; Parkir Liar 12,9persen; Fasilitas Umum 10persen; Kemacetan 7,1persen; Jalan Rusak 6,3persen; Iklan Tidak Berijin 6,2persen; Lampu Jalan Rusak 5,8persen; Kaki Lima Liart 5,6persen; serta Pohon Tumbang 2,7persen, sisanya adalah kategori lainnya. (jo-4)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.